Sukses


Mengalami Cedera ACL, Kondisi Bek Muda Madura United Kian Membaik

Bola.com, Surabaya - Bek muda Madura United, Dodi Alekvan Djin, tidak bisa berbuat banyak selama masa vakum kompetisi Shopee Liga 1. Dia tidak berlatih normal seperti pemain lainnya.

Pasalnya, Dodi mengalami cedera arterior cruciate ligament (ACL) di lutut kanan. Terdapat masalah pula pada meniscus. Pemain yang membela Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2019 itu mendapat cedera itu saat berlatih bersama Madura United.

Itu terjadi pada September lalu setelah dia mengalami benturan. Dodi sendiri sudah menjalani operasi pada 29 September 2019. Dampak cedera ini membuat Dodi harus menjalani masa pemulihan selama enam bulan.

“Kemungkinan kalau dilihat dari kondisi setelah operasi ini, dia harus menjalani terapi pemulihan sekitar 6 bulan. Itu dilakukan bertahap dan tetap dilihat lagi kondisinya. Tiga bulan ke atas sudah kembali ke lapangan, tapi tergantung perkembangan kondisinya,” kata Rudiyus Suseno, fisioterapis Madura United.

Cedera itu memaksanya tidak bisa banyak beraktivitas sampai akhir tahun ini. Paling cepat, bek Madura United ini bisa kembali merumput pada Februari 2021. Itu bertepatan dengan rencana PSSI yang akan melanjutkan kembali Shopee Liga 1 2020.

Video

2 dari 2 halaman

Perkembangannya Terus Dipantau

Kini, Dodi sudah memasuki bulan ketiga menjalani program pemulihan. Dia terus mendapat pantauan dari tim medis Madura United. Sejauh ini kondisinya makin membaik dan bisa berlatih di tempat kebugaran.

“Ini sudah bisa nge-gym, programnya tetap dari Mas Rudi. Dipantau juga perkembangannya. Harapan saya tentu bisa main kalau kompetisi sudah jalan lagi, katanya Februari. Doakan saya agar bisa segera pulih,” ucap mantan pemain Persik Kediri itu.

Dodi sendiri baru bergabung dengan Madura United pada awal musim 2020 setelah membawa Persik Kediri menjuarai Liga 2 2019. Sejauh ini, dia belum sekalipun membukukan menit bermain dalam tiga pertandingan yang dilakoni timnya di Liga 1 2020.

Sebelumnya, pemain berusia 21 tahun itu hanya tampil dalam turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim 2020 yang digelar pada Februari silam.

Video Populer

Foto Populer