Sukses


Jacksen Tiago Berencana Pensiun dalam Waktu 2 hingga 3 Tahun ke Depan

Bola.com, Malang - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago, memiliki rencana yang cukup mengejutkan dalam dua sampai tiga tahun ke depan. Pelatih berusia 52 tahun itu berencana pensiun melatih tim senior atau Liga 1.

Selanjutnya, Jacksen lebih memilih untuk fokus membina pemain muda dan usia dini. Dia juga berencana memiliki sebuah akademi sepak bola sebagai wadahnya.

Hal itu disampaikannya pada hari terakhir Jacksen Tiago Football Camp di Kusuma Agro Wisata, Kota Batu, Sabtu (12/12/2020). Dia merasa lebih enjoy ketika memberikan ilmu kepada pemain mulai usia 10 sampai 15 tahun.

"Sebenarnya saya sama-sama nyaman melatih tim senior atau anak-anak. Kalau di tim senior, ada tekanan dan itu memang sudah jadi profesi saya," kata Jacksen F. Tiago.

"Sedangkan di anak-anak, saya bisa benar-benar fokus untuk mengembangkan kemampuan mereka. Rasanya lebih enjoy," jelas mantan pelatih Barito Putera itu.

Dari segi usia, sebenarnya Jacksen masih belum terlalu tua untuk melatih. Pasalnya, lebih banyak pelatih yang lebih senior darinya namun masih eksis di sepak bola nasional.

"Saya nantinya hanya pensiun melatih tim senior dan Liga 1. Saya tetap di sini untuk membina pemain muda," sambung Jacksen Tiago.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Sudah Meraih Semua Target

Jika melihat karier Jacksen sebagai pelatih, bisa dibilang dia sudah meraih semua targetnya. Dia sudah empat kali membawa klub yang diasuhnya menjuarai kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, yakni sekali bersama Persebaya Surabaya dan tiga kali ketika mengasuh Persipura Jayapura.

Selain itu, dia juga pernah menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia pada 2013. "Dulu saya punya target melatih timnas, dan sudah pernah merasakannya. Jadi, sudah cukup bagi saya. Jasa saya sepertinya akan lebih terasa bagi Indonesia untuk pembinaan pemain usia dini," sambungnya.

Pada 6 sampai 12 Desember lalu. Jacksen F. Tiago membuat Football Camp di Kusuma Agro Wisata, Kota Batu. Acara tersebut diikuti 44 pemain dari kelompok usia 10-15 tahun.

Sebenarnya jumlah itu bisa lebih banyak. Namun ada kuota yang diberikan pihak hotel untuk tempat menginap pemain. Football Camp tersebut menjadi jalan awal Jacksen untuk membentuk sebuah akademi sepak bola.

"Sebenarnya Januari atau Februari (2021) ada rencana untuk mulai lagi Football Camp. Namun, saya sekarang masih jadi pelatih klub Liga 1. Jadi akan melihat dulu nanti seperti apa," sambungnya.

Jika Liga 1 diputar kembali Februari tahun depan, tentu Jacksen harus bersiap lagi dengan Persipura Jayapura. Sehingga dia kembali fokus ke tim senior dan menunda agenda football camp selanjutnya.

Video Populer

Foto Populer