Sukses


Canda Menpora: Jika Sepak Bola Jawa Timur Tidak Maju, Salahkan Wakil Ketua PSSI

Bola.com, Surabaya - Kota Surabaya bakal menjadi satu di antara tempat yang menjadi tuan rumah untuk Piala Dunia U-20 2021. Stadion Gelora Bung Tomo masuk dalam venue bersama lima stadion lain yang ada di lima kota, yakni Jakarta, Bandung, Surakarta, Gianyar, dan Palembang.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali berharap masyarakat Jawa Timur ikut menyemarakkan turnamen akbar yang digelar Mei hingga Juni 2021 itu. Apalagi, provinsi ini juga termasuk yang gudang pesepak bola nasional.

Zainuddin Amali melontarkan candaan bahwa majunya sepak bola Jawa Timur bukanlah yang aneh karena suatu alasan tertentu.

“Di sini ada lebih dari 5.000 lapangan sepak bola. Kalau sepak bola Jawa Timur tidak maju, kebangetan. Berarti wakil ketum (PSSI) yang asal Jawa Timur ada yang salah. Kalau sampai sepak bola Jawa Timur tidak berkembang, itu salah wakil ketua umum,” kata Zainuddin sambil tertawa.

Gurauan itu merujuk kepada Iwan Budianto, wakil ketua umum PSSI saat ini. Pria asal Malang itu merupakan sosok yang cukup terkenal di sepak bola nasional. Ada dua klub Jawa Timur yang pernah identik dengannya.

Masing-masing adalah Arema FC dan Persik Kediri. Di dua klub itu bertetangga itu pernah dibawanya meraih gelar juara. Di bawah Iwan, Persik Kediri menjuarai Divisi Utama 2003 dan 2006, sedangkan Arema FC menggondol trofi Piala Presiden 2017.

Saat ini, Jawa Timur menjadi provinsi dengan klub terbanyak di Shopee Liga 1 2020. Terdapat lima klub sekaligus, yaitu Persebaya Surabaya, Arema FC, Persela Lamongan, Persik Kediri, dan Madura United.

“Jawa Timur ini adalah salah satu tempat penyumbang tim nasional, juga tempatnya klub-klub profesional, baik Liga 1 atau Liga 2. Ada Persebaya, Arema, Persela, Persik, MU. Tidak salah pilihan PSSI atau Kemenpora untuk memberi perhatian lebih kepada Jawa Timur,” imbuh Zainuddin.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Ucapan Terima Kasih dari PSSI

Dari klub-klub itu, lahir banyak pemain Timnas Indonesia yang juga berasal dari Timur. Sebut saja mulai Ferril Raymond Hattu, Aji Santoso, Widodo Cahyono Putro, hingga yang terkini di kelompok usia ada Mochammad Supriadi, Brylian Aldama, dan Rizky Ridho.

“Terima kasih untuk Asprov PSSI Jawa timur. Menurut kami, Jawa Timur termasuk yang terbagus dalam pembinaan sepak bola. Semua ada di Jawa Timur yang menjadi parameter dan indikator sepak bola nasional,” ucap Mochamad Iriawan, Ketua Umum PSSI.   

Video Populer

Foto Populer