Sukses


Memanfaatkan Kekosongan Kompetisi, Bek Sayap Persela Jalankan Bisnis Kuliner di Jawa Tengah

Bola.com, Purworejo - Berbagai upaya dilakukan para pemain sepak bola untuk pemain sepak bola untuk tetap beraktivitas di tengah pandemi COVID-19 dan vakumnya Shopee Liga 1. Kebanyakan dari pemain memilih membuka usaha untuk menambah pemasukan, seperti yang juga dilakukan bek Persela Lamongan, Novan Setya Sasongko.

Membuka usaha menjadi alternatif pemasukan bagi pemain sepak bola. Satu di antaranya karena mereka tidak menerima gaji penuh selama kompetisi Shopee Liga 1 terhenti.

Hal itu juga dirasakan oleh pemain Persela Lamongan, Novan Setya Sasongko, yang memilih tinggal di kampung halaman sang istri di Purworejo, Jawa Tengah, selama beberapa bulan terakhir.

Novan kemudian berencana membuka bisnis kuliner bersama istrinya, Sulistyaning Diah Ayu Hapsari. Uniknya, Sulis sebenarnya seorang pramugari sebelum menikah dengan Novan, bukan seorang koki atau chef.

"Tapi istri saya jago memasak, karena memang senang memasak. Kami kemudian berpikir, kenapa tidak buka usaha kuliner saja. Bisa menambah pemasukan juga," ujar Novan ketika dihubungi oleh Bola.com, Kamis (17/12/2020).

"Sebenarnya ini usaha istri saya, karena sedang di rumah, saya sedikit membantu. InsyaAllah akan jualan makanan, mulai dari makanan berat hingga ringan. Contohnya ya nasi goreng, soto, seblak, tahu walik," lanjut pemain Persela Lamongan berusia 31 tahun itu.

Video

2 dari 2 halaman

Melalui Sistem Daring

Mengenai pemasaran produknya, Novan berencana akan menjualnya secara daring atau online. Cara ini memang umum dilakukan pada saat ini, seperti mempromosikan produk lewat akun media sosial. Jumlah pengikut akun media sosial yang cukup banyak, termasuk dari kalangan suporter, tentu bisa menjadi pasar yang besar.

"Saya jualan online saja. Kalau harus buka warung, agak ribet mencari lokasinya. Ini juga sedang pandemi, jadi banyak orang memang beli makanan lewat online juga," ujar pemain Persela Lamongan asal Bojonegoro itu.

Novan dan istrinya kini sedang menyusun rencana dalam membangun bisnis baru tersebut. Situasi tak menentu dari kompetisi sepak bola Indonesia yang terjadi saat ini menjadi kesempatannya untuk membantu sang istri. Jadi, kapan Novan akan mulai meluncurkan usaha itu?

Launching secepatnya, tapi tanggalnya belum dipastikan. Semoga segera bisa dilakukan. Rencananya jualan di sekitar Purworejo saja dulu,” ungkap mantan pemain Timnas Indonesia tersebut.

Video Populer

Foto Populer