Sukses


Cerita Gelandang Asing Madura United Belajar Bahasa Indonesia Lewat Film Titanic

Bola.com, Bangkalan - Gelandang asing Madura United, Jacob Pepper, memutuskan tetap tinggal di Indonesia dan tidak pulang ke negara asalnya, Australia. Padahal, nasib kelanjutan Shopee Liga 1 2020 belum jelas hingga sekarang.

Seperti diberitakan Bola.com sebelumnya, Jacob Pepper memilih tidak pulang kampung lantaran sedang membuka bisnis kafe di Surabaya. Di sisi lain, dia rupanya juga sedang getol mempelajari bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia masuk dalam salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Australia. Pemain Madura United berusia 28 tahun itu sudah mempelajarinya sejak sebelum berkarier di Indonesia, namun tidak lewat sekolah.

“Saat masih di Australia, saya mendengarkan podcast bahasa Indonesia. Sedikit-sedikit, saya mulai bisa, untuk percakapan sehari-hari,” kata Jacob Pepper kepada Bola.com, Kamis (17/12/2020).

Keinginan Jacob Pepper fasih berbahasa Indonesia sudah muncul sejak musim lalu. Pada pertengahan musim 2019, dia sempat bakal bergabung Madura United dan meninggalkan klub Brisbane. Namun, transfer itu batal.

Impiannya baru terwujud musim ini saat Madura United merekrutnya untuk dimasukkan dalam slot pemain Asia. Dia pun mulai mempraktikkan apa yang dipelajarinya dengan berbincang bersama rekan-rekan di Madura United.

“Kalau yang sekarang lebih sering dengan Alle (sopir Madura United). Hampir setiap hari kami berbincang dengan bahasa Indonesia. Kemampuan saya bisa lebih meningkat dengan percakapan,” imbuh mantan pemain Timnas Australia U-23 itu.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Lebih Mudah Paham dengan Membaca

Uniknya, Jacob Pepper rupanya tidak mempelajari bahasa Indonesia ini secara formal. Selain tidak di sekolah, dia juga tidak mengikuti kursus bahasa Indonesia untuk orang asing yang banyak disediakan oleh berbagai tempat di Surabaya.

Jacob Pepper memilih menonton film agar semakin menambah kosakata bahasa Indonesia. Alih-alih film Indonesia, dia malah tetap menonton film berbahasa Inggris dalam proses belajarnya ini. Bagaimana caranya?

“Saya bisa mengaktifkan subjudul berbahasa Indonesia di film-film itu. Saya akan lebih mudah paham saat membaca, daripada mendengarkan. Ada beberapa film, seperti Titanic, Shawsank Redemption, Forrest Gump, dan lainnya,” tutur pria bernama lengkap Jacob Scott Pepper itu.   

Video Populer

Foto Populer