Sukses


Kisah 3 Pesepak Bola Beken Indonesia yang Menyeberang ke Dunia Hiburan: Mulai Pesinetron hingga Pembawa Acara Program TV

Bola.com, Jakarta - Menjadi pesepak bola tentu tak bisa dipisahkan dari popularitas. Tak terkecuali dengan pesepak bola yang ada di Indonesia.

Sebagai pesepak bola, label popularitas beriringan dengan karier sang pemain. Label pemain klub besar hingga penggawa Timnas Indonesia membuat mereka mudah untuk merambah dunia hiburan.

Mulai dari membintangi iklan produk hingga menjadi pesinetron. Hal itu tentu saja bisa menjadi sumber penghasilan lain di luar sepak bola.

Biasanya, mereka mau menerima tawaran terjun ke dunia hiburan karena bayaran tinggi sembari mengisi waktu luang. Tentu saja, kegiatan ini dilakukan jika sedang tidak memiliki kegiatan di klub.

Contohnya adalah saat FIFA membekukan semua kegiatan sepak bola di Indonesia pada 2015. Hingga saat ini saat kompetisi sepak bola di Indonesia sedang ditunda karena pandemi COVID-19.

Namun, ada juga pemain yang pada akhirnya memilih jalan untuk menetap di dunia hiburan. Langkah itu dilakukan seiring dengan meredupnya karier di dunia sepak bola.

Bola.com mencatat ada tiga pemain sepak bola Indonesia yang mencicipi dunia akting. Mereka tercatat bermain sinetron hingga menjadi pembawa acara di program televisi. Siapa saja?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 4 halaman

Cristian Gonzales

Nama Cristian Gonzales tentu sudah tak asing di sepak bola Indonesia. Ketenaran itu juga yang membuka karier pemain yang akrab disapa El Loco itu ke dunia hiburan.

Sinetron pertama yang dibintangi Crisrian Gonzales adalah Tendangan Si Madun pada 2012. Ketika itu, Gonzales tampil dalam satu episode penuh.

Pada 2020, Gonzales kembali menjajal dunia akting. Hal itu dilakukan pemain naturalisasi itu untuk mengisi waktu luang di tengah ketidakpastian nasib kompetisi Indonesia.

Gonzales beradu akting di sinetron berjudul Jagoan Bola. Selain itu, Gonzales juga aktif memenuhi undangan program reality show di televisi nasional.

3 dari 4 halaman

Oktovianus Maniani

Oktovianus Maniani sempat menjajal dunia akting pada 2016. Ketika itu, sepak bola Indonesia sedang vakum karena mendapatkan sanksi dari FIFA.

Oktovianus Maniani memanfaatkan sanksi itu untuk mengisi waktu menjadi pesinetron. Pemain asal Raja Ampat itu sempat tampil dalam beberapa episode sinetron yang disiarkan di televisi swasta itu.

"Pada 2014 saya cedera sehingga sempat istirahat selama satu tahun. Ketika sudah pulih pada 2016 saat itu ada sanksi FIFA Akhirnya saya terjun ke dunia sinetron," kata Oktovianus Maniani.

"Bukan saya ingin menjadi pesinetron. Kebetulan dengan ada jeda waktu dan pemasukan minim, akhirnya ambil sampingan lah," tegas pemain yang kini berusia 30 tahun itu.

Setelah itu, Okto belum lagi bermain di kasta tertinggi sepak bola Indonesia dan bermain di klub kasta kedua semisal Perserang Serang dan Persewar Waropen. Pada 2020, nama Oktovianus Maniani kembali terdengar setelah bergabung dengan Persiba Balikpapan di Liga 2.

4 dari 4 halaman

Syamsir Alam

Syamsir Alam merupakan pemain yang memilih jalan hidup berbeda dari pesepak bola lainnya. Begitu kariernya sebagai pesepak bola surut, Syamsir Alam banting setir menjadi artis di dunia hiburan.

Syamsir Alam kerap masuk televisi karena menjadi pembawa acara program televisi bertema petualangan. Sejak saat itu Syamsir mengaku sudah gantung sepatu dan memilih menekuni profesinya sebagai artis.

"Setahun ini sudah enggak main bola sih. Sekarang kan fokus nge-host di My Trip My Adventure. Jadi, di dunia hiburan saja," kata Syamsir Alam pada 2019.

Pada 2020, Syamsir Alam merambah ke dunia sinetron. Beradu akting dengan Cristian Gonzales, Syamsir Alam menjadi pesinetron di Jagoan Bola yang disiarkan televisi nasional.

Video Populer

Foto Populer