Sukses


Persija Masih Bungkam Setelah Dipilih PSSI Menjadi Wakil Indonesia di Piala AFC 2021, Ini Alasannya

Bola.com, Jakarta - Sejak 1 kali 24 jam dari pengumuman PSSI, Persija Jakarta masih belum memberikan pernyataan resmi atas terpilihnya menjadi wakil Indonesia untuk Piala AFC 2021. Ada apa dengan tim berjulukan Macan Kemayoran tersebut?

Usut punya usut, Persija Jakarta belum menerima surat pemberitahuan secara resmi dari PSSI terkait penetapan sebagai representatif Indonesia di turnamen antarklub kelas dua di Asia itu pada tahun depan.

"Kita tunggu saja sampai surat resminya keluar. Nanti Persija Jakarta baru akan memberikan pernyataan resmi. Bisa dibilang kami belum menerima suratnya," kata Presiden Persija, Mohamad Prapanca kepada Bola.com, Kamis (17/12/2020).

Rabu (16/12/2020) sore WIB, PSSI mengadakan rapat Komite Eksekutif (Exco) untuk menentukan dua klub Indonesia yang akan bermain di Piala AFC pada tahun depan. Pembahasan ini menjadi penting mengingat ketiadaan kompetisi di musim ini.

Bali United, yang sudah diprediksi sejak awal, terpilih sebagai wakil Indonesia di babak penyisihan Piala AFC 2021. Serdadu Tridatu, julukannya, merupakan jawara bertahan Liga 1.

Yang mengejutkan tentu penunjukkan Persija Jakarta, yang notabene merupakan runner-up Piala Indonesia 2018/2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Jatah Persipura?

Persija Jakarta dinyatakan lolos ke babak play-off Piala AFC 2021 karena kampiun Piala Indonesia, PSM Makassar, gagal memenuhi verifikasi klub profesional AFC.

Merujuk Entry Manual for AFC Club Competition 2021 yang tertuang dalam Sporting Criteria atau Kriteria Keolahragaan, jatah Persija Jakarta seharusnya menjadi milik tim kedua terbaik setelah Bali United di kompetisi domestik. Maka, slot itu seharusnya diberikan kepada Persebaya Surabaya selaku runner-up Liga 1 2019.

Namun, Persebaya tidak mendapatkan status verifikasi AFC, sehingga tiket Piala AFC 2021 semestinya diturunkan ke tim satu peringkat di bawahnya, Persipura Jayapura yang mengakhiri musim di posisi ketiga.

Video Populer

Foto Populer