Sukses


Persipura Minta Penjelasan Terkait Keputusan Persija Jadi Wakil di Piala AFC, PSSI Melapor ke AFC

Bola.com, Jakarta - Keputusan PSSI Persija Jakarta menjadi wakil Indonesia untuk tampil di Piala AFC 2021 mendapat pertanyaan. Persipura Jayapura meminta penjelasan mengenai ditunjuknya Persija sebagai wakil. Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menyebut pertanyaan dari Persipura sudah dilaporkan kepada AFC dan PSSI menunggu jawaban terkait ketentuan dari Konfederasi Sepak Bola Asia itu.

Sudah menjadi hal yang wajar jika Persipura mempertanyakan putusan PSSI yang memilih Persija Jakarta mendampingi Bali United. Penunjukkan Macan Kemayoran dianggap melenceng dari Pasal 9 Entry Manual for AFC Club Competition 2021 tentang Sporting Criteria.

Dalam aturan tersebut, tak ada penyebutan jika runner-up turnamen domestik atau dalam hal ini Piala Indonesia berhak ambil bagian di Piala AFC. Bahkan dalam aturan tersebut jelas prioritasnya adalah juara kompetisi, juara turnamen domestik, runner-up kompetisi, peringkat ketiga kompetisi dan seterusnya.

Sementara itu, Persija Jakarta dinyatakan menjadi wakil Indonesia di Piala AFC 2021 sebagai runner-up Piala Indonesia 2018/2019. PSSI menunjuk Persija untuk menggantikan PSM Makassar, sang juara Piala Indonesia, yang tidak bisa tampil di Piala AFC 2021 lantaran tidak mendapatkan lisensi klub profesional AFC 2020.

Permintaan Persipura terkait penjelasan PSSI direspons singkat oleh Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Ia melemparkan bola tersebut kepada AFC.

"Soal protes dari Persipura juga sudah kami sampaikan kepada AFC. Jadi sekarang kami tinggal menunggu penentuan dari AFC," ujar Yunus Nusi saat dihubungi.

Jika merujuk Entry Manual for AFC Club Competition 2021 mengenai Sports Criteria, maka sebenarnya yang berhak tampil di Piala AFC 2021 bersama Bali United adalah Persipura Jayapura, yang menempati peringkat ketiga klasemen Shopee Liga 1 2019, karena runner-up kompetisi, Persebaya Surabaya, juga tidak mengantongi lisensi klub profesional AFC 2020.

Video

2 dari 2 halaman

Bisa Jadi Persija Batal

Plt Sekjen PSSI itu juga menyebut tidak menutup kemungkinan Persija Jakarta pun diganti. Semua itu akan tergantung dari respons AFC terhadap korespondensi yang dilakukan oleh PSSI.

"Kami menunggu saja seperti apa konfirmasi dari AFC," ujarnya.

Selain Persija, PSSI juga memilih Bali United sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021. Serdadu Tridatu dipilih karena merupakan kampiun Liga 1 2019.

Sumber: Bola.net (Fitri Apriani/Dimas Ardi Prasetya, published 18/12/2020)

Video Populer

Foto Populer