Sukses


Persipura Terima Surat dari PSSI, Gantikan Persija di Piala AFC 2021

Bola.com, Jayapura - Keluhan Persipura Jayapura kepada PSSI terkait slot Piala AFC 2021 berbuah manis. Tim berjulukan Mutiara Hitam itu dipastikan akan menggantikan posisi Persija Jakarta.

"Sabtu, 19 Desember 2020, kami sudah menerima email dari PSSI. Disampaikan bahwa mereka mengusulkan Bali United dan Persipura Jayapura sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021," kata Ketua Persipura, Benhur Tomi Mano, dalam rilis yang diterima Bola.com, Minggu (20/12/2020).

Pada rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI 16 Desember 2020, PSSI menetapkan Bali United dan Persija sebagai dua wakil Indonesia di Piala AFC 2021. Pemilihan Persija berujung kontroversi.

Dalam menentukan Persija, PSSI tidak mengikuti Entry Manual for AFC Club Competitions 2021 yang dirilis oleh AFC.

Pada Pasal 9 tentang Sporting Criteria atau Kriteria Keolahragaan, tertulis bahwa slot tiket ke turnamen antarklub Asia menjadi jatah bagi pemenang kompetisi domestik, turnamen domestik, runner-up kompetisi domestik, peringkat ketiga kompetisi domestik, dan posisi keempat kompetisi domestik.

PSSI memilih Bali United karena statusnya sebagai jawara Shopee Liga 1 2019. Persija, dalam kasus ini, merupakan runner-up Piala Indonesia 2018/2019.

Persija, pada rapat Exco PSSI tersebut, menggantikan juara Piala Indonesia 2018/2019, PSM Makassar, yang tidak lolos verifikasi klub profesional AFC.

Berdasarkan Entry Manual for AFC Club Competitions, jatah pemenang Piala Indonesia otomatis milik runner-up Shopee Liga 1 2019, Persebaya Surabaya, bukan Persija. Namun, Persebaya juga tidak mendapatkan verifikasi klub profesional AFC.

Dengan begitu, tiket Piala AFC seharusnya menjadi milik Persipura Jayapura, yang mengakhiri Shopee Liga 1 2019 di peringkat ketiga.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

PSSI Minta Maaf

Benhur mengatakan, PSSI juga telah meminta maaf kepada timnya atas kesalahan dalam menentukan wakil Indonesia di Piala AFC 2021. Mutiara Hitam menerima kekeliruan PSSI tersebut.

"PSSI juga sudah meminta maaf atas kesalahan sebelumnya. Saya selaku Ketua Persipura Jayapura, menerima permintaan maaf dari PSSI. Semoga hal-hal tersebut tidak terulang kembali," jelas Benhur.

Persipura Jayapura akan memulai Piala AFC 2021 dari babak play-off. Adapun, Bali United langsung melaju ke fase grup.

Video Populer

Foto Populer