Sukses


Cerita Irfan Bachdim: Alasan Tinggalkan Liga Jepang dan Pesan Buat Bagus Kahfi yang Mau ke Utrecht

Bola.com, Jakarta - Kiprah Irfan Bachdim di Liga Jepang terbilang lumayan. Bersama Consadole Sapporo, ia meraih trofi juara Liga 2 Jepang sekaligus promosi ke kasta tertinggi. Di negeri Sakura, ia juga mendapatkan kontrak tertinggi sepanjang kariernya.

Tapi, ia kemudian memutuskan bergabung bersama Bali United setelah mendapat tawaran dari manajemen Serdadu Tridatu.Dalam channel yuotube Marc Klok, Irfan mengungkapkan alasan dirinya memenuhi tawaran manajemen Bali United.

Di mata Irfan, penjelasan manajemen terkait misi dan visi klub membuatnya tertarik. Apalagi, pada waktu yang sama, Irfan dan sang istri Jennifer sudah mulai memikirkan memiliki rumah sendiri.

"Bali adalah pilihan yang baik untuk menetap bersama istri dan kedua anak saya. Jadi meski nilai kontraknya lebih kecil dari Sapporo, saya pun menyetujui tawaran Bali United," kenang Irfan.

Pilihan Irfan terbukti tepat. Bersama Bali, Irfan selalu berada di level atas kompetisi Liga 1. Puncaknya, pada 2019, ia bersama Bali United meraih trofi juara.

Sukses bersama Bali United membuat pamor Irfan tetap terjaga. Buktinya, meski sudah bersatus pemain PSS Sleman pada Liga 1 2020, nama Irfan tetap masuk dalam daftar 34 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk menjalani pemusatan latihan persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Bermain bersama timnas adalah tujuan utama seorang pemain profesional seperti saya. Impian saya saat ini adalah membawa timnas Indonesia meraih trofi juara," tegas Irfan.

Sejatinya, Irfan nyaris menggapai impiannya itu pada Piala AFF 2010. Bersama skuat Garuda yang ditangani Alfred Riedl, Irfan tampil menawan. Sayang pada laga puncak, timnas Malaysia mengubur ambisi Indonesia dengan agregat gol 2-4.

"Meski gagal mempersembahkan gelar buat timnas, saya menjadikan Piala AFF 2010 sebagai momen spesial dalam karier di sepakbola," terang Irfan Bachdim.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Pesan buat Bagus Kahfi

Pada kesempatan itu, Irfan Bachdim juga mengomentari kiprah penyerang muda Indonesia, Bagus Kaffi yang akan membela tim muda FC Utrecht, Jong Utrecht yang bermain di Eerste Divisie (Liga 2 Belanda).

Seperti diketahui, Irfan pernah berkostum Utrecht yang berkompetisi di Eredivisie, kasta tertinggi Liga Belanda. Di Utrecht, kemampuan Irfan tidak berkembang karena jarang mendapatkan menit bermain. Ia pun memilih hengkang ke klub Liga 2 Belanda, Harleem.

Meski pernah gagal di Utrecht, Irfan yakin Bagus bisa unjuk kemampuan di eks klubnya itu. Apalagi, Bagus memulainya dari kasta kedua bersama Jong Utrecht.

"Bagus juga memiliki modal yang baik setelah berlatih di Inggris (bersama Garuda Select). Saya yakin dia sudah bisa mengukur standar Eropa yang harus dijalaninya," terang Irfan.

Irfan pun memberi saran kepada Bagus agar fokus dulu mengembalikan kondisi fisik dan kepercayaan dirinya.

"Bagus memiliki bakat yang istimewa. Tapi, dia baru sembuh dari cedera panjang," kata Irfan.

Irfan mengaku Bagus kerap menelponnnya untuk menanyakan kondisi dan situasi di Belanda. "Saya bilang kuncinya fokus, mau belajar dan bekerja keras. Saya berharap dia bisa sukses disana," pungkas Irfan.

Video Populer

Foto Populer