Sukses


Kisah Unik Andik Rendika, Kaget Dipanggil Timnas Indonesia U-22 sampai Telepon Evan Dimas

Bola.com, Surabaya - Ada beberapa nama kejutan dipanggil masuk Timnas Indonesia U-22 untuk persiapan SEA Games 2021. Di antaranya bek kiri Madura United, Andik Rendika Rama.

Saat diwawancara Bola.com, Minggu (21/12/2020), Andik Rendika tak langsung percaya ketika mendapat kabar bahwa dirinya mendapat panggilan bergabung Timnas Indonesia U-22. 

Dia sempat berpikir ada yang salah dengan pemanggilan ini. Maklum, ia sudah berusia 27 tahun. Sedangkan Timnas Indonesia U-22 tentu diperuntukkan kepada pemain berusia 22 tahun dan sebelumnya.

"Saya mendapat telepon soal pemanggilan itu. Nomornya tidak dikenal. Saya kira mungkin ada yang keliru karena usia saya sudah lebih dari 22 tahun. Memang sih wajah saya ini terlihat masih 17 tahun,” kata Rendika diiringi tawa. 

Rendika menerima telepon dari orang asing itu pada Jumat (18/12/2020). Setelah menutup telepon, dia mengontak teman baiknya, Evan Dimas, yang selama ini telah menjadi pemain Timnas Indonesia secara reguler. Ternyata tidak ada yang salah.

"Evan membenarkan. Malah dia bilang saya sekamar akan dengan dia. Sampai Evan bilang pun, saya masih tidak bisa percaya. Tapi, saya mencoba tenang dulu,” imbuh pemain kelahiran 1993 tersebut.

 

 

 

 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 3 halaman

Belum Pernah Tampil untuk Timnas Indonesia

Ekspresi yang diutarakan oleh Andik Rendika di atas cukup beralasan. Pasalnya, dia selama ini tidak pernah mendapat kesempatan membela Timnas Indonesia, baik kelompok usia maupun senior. Namanya agak terlewatkan dalam deretan bek kiri terbaik Indonesia.

Pemain asli Gresik itu baru percaya begitu PSSI mengirim rilis daftar 36 pemain yang dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan, Sabtu (19/12/2020). Berbagai pemberitaan juga mencantumkan namanya.

"Dari situ akhirnya saya percaya. Saya juga ingat, Evan jadi pemain untuk slot senior di SEA Games 2019. Nah, mungkin saya diproyeksikan masuk slot itu,” ujar mantan pemain Persija Jakarta itu.

Andik Rendika Rama termasuk satu dari 18 pemain senior dalam 36 nama ini. Dia menjadi pemain yang tertua dengan berusia 27 tahun. Berikutnya terdapat gelandang Adam Alis yang baru genap berumur 27 tahun tepat pada hari pemanggilan, 19 Desember 2020.

 

3 dari 3 halaman

Kesempatan Langka

Rendika tidak sendirian bergabung dengan Timnas Indonesia U-22 dari Madura United. Selain dia, terdapat dua pemain muda, yakni Samuel Christianson Simanjuntak dan Syahrian Abimanyu. Keduanya masih berusia 21 tahun.

Pemain jebolan kompetisi internal Persebaya itu telah tiba di Jakarta pada Minggu sore. Rencananya, dia bakal mulai berlatih pada Senin (21/12/2020). Sesuai jadwal, pemusatan latihan kali ini akan berakhir pada 31 Desember 2020.

"Saya sudah mendapat kesempatan yang langka dari coach Shin Tae-yong. Pastinya, saya akan berusaha semaksimal mungkin dan memberikan yang terbaik. Harapannya, saya bisa tampil di SEA Games nanti,” ujar Rendika.

Rendika sebenarnya sudah pernah mendapat pemanggilan Timnas Indonesia. Pertama saat kualifikasi Asian Games 2014 di bawah arahan pelatih Aji Santoso, lalu dia mengikuti seleksi untuk Piala AFF 2016 oleh pelatih Alfred Riedl. Namun, dia belum pernah membukukan penampilan.

Video Populer

Foto Populer