Sukses


Bonek Disaster Response Team Bantu Warga yang Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Bola.com, Probolinggo - Bonek Disaster Response Team (BDRT) mengirim personel dan tim ahli ke Semeru. Mereka bertugas membantu warga di Probolinggo yang terdampak letusan erupsi gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut.

BDRT mengisi kegiatan di desa Bondeli Selatan, Kecamatan Sumberwuluh, karena daerah tersebut paling parah tersapu aliran lahar dingin.

"Kita mendirikan pos di desa Bondeli Selatan Kecamatan Sumberwuluh. Karena desa ini merupakan desa terdampak paling rawan, menurut history masyarakat desa ini pernah di sapu lahar dingin pada tahun 1994 sehingga banyak terjadi ratusan masyarakat yang meninggal dan hilang," terang koordinator BDRT, Arif Firmansyah, disadur dari laman resmi Persebaya.

"Dari hal itu masyarakat bondeli selatan sampai sekarang masih trauma ketika hujan dan suara gemuruh turun," sambungnya.

Adapun kegiatan yang dilakukan BDRT di antaranya adalah pemeriksaan kesehatan gratis. Selain itu, ada personel yang ahli dalam memantau aliran lahar dingin.

"Pastinya teman-teman Bonek Disaster Response Team juga melakukan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat sekitar," kata Arif lagi.

 

Video

2 dari 2 halaman

Pentingnya Keterlibatan Pemuda

Kehadiran BDRT di Probolinggo juga diharapkan mampu memberikan kesadaran akan pentingnya keterlibatan pemuda dalam kegiatan penanggulangan bencana.

Jadi, pada kedatangannya, Bonek Disaster Response Team memberikan penyuluhan kepada pemuda setempat. Mereka berharap ada langkah preventif jikalau bencana serupa terjadi lagi.

"Kita juga Memberikan edukasi ke masyarakat tentang keterlibatan pemuda masyarakat untuk aktif dalam satgas bencana yang di bentuk secara swadaya masyarakat," ujar Arif melanjutkan.

"Ini penting agar proses pemulihan secara psikis setelah bencana bisa dilanjutkan oleh masyarakat selepas tim menyelesaikan tugasnya di sini. Juga sebagai langkah preventif kalau ada erupsi lagi," pungkasnya.

Sumber: Persebaya

Video Populer

Foto Populer