Sukses


Suka Duka Penyerang Persebaya, Oktafianus Fernando Rayakan Natal di Tengah Pandemi

Bola.com, Surabaya - Penyerang sayap Persebaya Surabaya, Oktafianus Fernando, terpaksa tidak bisa merayakan Natal seperti biasanya. Meningkatnya angka kasus COVID-19 membuat pihak gereja membatasi jumlah jemaat yang ingin mengikuti misa Natal 2020.

Oktafianus Fernando yang akrab disapa Ofan itu mengikuti misa Natal di Gereja Santo Stefanus yang terletak di kawasan Manukan, Surabaya Barat. Dia tidak bisa leluasa beribadah pada malam Natal dan hari H Natal pada 24 dan 25 Desember 2020.

"Gereja membuat kebijakan bahwa jumlah jemaat dibatasi. Malah, kami juga harus mengambil kartu seminggu sebelumnya. Terus, akan ditentukan apakah mengikuti misa malam Natal atau waktu hari H. Saya kebetulan kebagian pagi ini jam 9,” kata Ofan kepada Bola.com, Jumat (25/12/2020).

"Kalau dulu, kami bisa ikut gereja mana saja. Sekarang tidak begitu. Misa Natal harus disesuaikan dengan paroki setempat, karena tidak sembarang orang bisa ikut jadwal tertentu. Harus didata dulu,” imbuh pemain berdarah Flores-Jawa itu.

Protokol kesehatan yang dijalankan oleh gereja  juga jadi lebih ketat daripada misa mingguan. Ini dilakukan agar tempat ibadah tidak menjadi kluster baru penyebaran COVID-19. 

Ofan sebelumnya sudah pernah merasakan perayaan hari raya saat pandemi COVID-19. Itu terjadi pada perayaan Jumat Agung atau Pekan Paskah pada April lalu. Protokol kesehatan juga diterapkan secara ketat.

Pemain berusia 27 tahun itu tetap berusaha memetik hikmah dengan pandemi ini. Dia kini merayakan Natal bersama orang tuanya. Anggota keluarga mereka juga bertambah karena status Ofan kini telah menjadi ayah.

 

 

 

 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Lebih Spesial

Suasana Natal 2020 lebih istimewa bagi Oktafianus Fernando bersama keluarganya. Sang istri, Gabriella Hocky Loexyanta, menemaninya melewati Natal. Lalu, putranya yang baru berusia enam bulan, Ezra Assensio Fernando, merayakan Natal pertama.

Sayangnya, si kecil Ezra belum bisa mengikuti misa Natal tahun ini. Pasalnya, gereja juga menganjurkan tidak membawa serta balita dan lansia yang rentan terpapar COVID-19.

"Agak repot juga anak saya tidak bisa ikut ke gereja. Anak saya belum dibaptis, karena masih pandemi ini. Sedih juga harus melewati Natal seperti ini karena angka kasusnya belum turun,” ucap Ofan.

Berbagai suka dan duka dilewati oleh Ofan agar tetap bisa merayakan bersama keluarganya. Meski anggota keluarganya saat misa Natal tak lengkap. Dia tetap bisa berkumpul bersama mereka untuk menikmati hari raya ini.

"Di rumah kami makan-makan bersama, bersyukur Tuhan memberi kesehatan untuk kami semua. Setiap tahun, saya juga berusaha selalu pulang dan merayakan natal bersama keluarga. Semoga, tahun depan pandemi berakhir dan semua umat beragama bisa beribadah dengan normal,” tutur mantan pemain Persita Tangerang itu.

Video Populer

Foto Populer