Sukses


Skuad Timnas Indonesia U-19 Harus Serius Hadapi Uji Coba di Spanyol

Bola.com, Tarragona - Timnas Indonesia U-19 terpaksa gigit jari. Pasalnya, Piala Dunia U-20 2021 batal digelar. Persiapan selama setahun belakangan pun terasa sia-sia.

Ketika FIFA mengumkan pembatalan Piala Dunia U-20 2021, Timnas Indonesia U-19 telah merancang pemusatan latihan di Spanyol. Garuda Muda, julukannya, berangkat ke Negeri Matador pada akhir Desember 2020.

Semula, pemusatan latihan di Spanyol bertujuan untuk mematangkan persiapan Timnas Indonesia U-19 untuk Piala Dunia U-20 2021. Namun, turnamen itu terlanjur dibatalkan.

Selama di Spanyol, Timnas Indonesia U-19 tidak hanya berlatih. Garuda Muda juga akan menjalani rangkaian uji coba.

Lima tim, termasuk Arab Saudi U-19, telah menanti untuk menguji kekuatan Timnas Indonesia U-19 di Spanyol.

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto meminta David Maulana dan kawan-kawan untuk tetap serius dalam menatap laga uji coba di Spanyol. Pasalnya, situasi ini dapat dimanfaatkan para pemain untuk pamer kualitas agar mengundang ketertarikan klub luar negeri.

"Mereka juga harus tampil baik di laga uji coba. Sebab, siapa tahu ini menjadi pintu dan kesempatan bagi mereka untuk berkarier di luar negeri," imbuh Nova.

"Saya sangat berharap mereka tetap bersemangat dalam menjalani latihan sesuai program yang diberikan. Sebab, jalan karier mereka masih panjang," tutur Nova.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Bukti Omongan Nova

Nova tidak sembarang omong. Buktinya sudah ada. Brylian Aldama, pilar Timnas Indonesia U-19 saat pemusatan latihan di Kroasia pada Agustus-Oktober 2020, menjadi contohnya.

Brylian, yang tampil memukau selama rangkaian uji coba Timnas Indonesia U-19 di negara runner-up Piala Dunia 2018 itu, berhasil menarik perhatian klub Kroasia, HNK Rijeka.

Brylian akan direkrut oleh Rijeka dalam waktu dekat. Gelandang berusia 19 tahun itu diproyeksikan menandatangani kontrak berdurasi satu setengah tahun.

Video Populer

Foto Populer