Sukses


Gebrakan PSS di Tengah Pandemi, Sukses Gerakkan UMKM

Bola.com, Sleman - Manajemen PSS Sleman, belum lama ini meluncurkan program 'Kancane PSS'. Ini merupakan gebrakan dan strategi bisnis PSS untuk menarik para pengusaha di wilayah Sleman, dengan memanfaatkan keberadaan Omah PSS.

Kerja sama yang dilakukan PSS dengan para pengusaha atau UMKM, melalui audisi yang sudah dimulai awal pekan lalu. Ada 45 peserta UMKM memaparkan produknya yang nantinya bisa menjadi mitra bisnis PSS.

Adapun jenis usahanya bervariasi. Mulai dari yang berbasis makanan atau minuman seperti angkringan, usaha rumahan, katering, makanan cepat saji, cafe, warung kopi hingga minuman tradisional.

"Audisi ini bertujuan untuk menyeleksi para pelaku usaha atau UMKM di DIY dan sekitarnya untuk dapat bermitra dengan PSS di Omah PSS," tutur Direktur Keuangan PSS Sleman, Andy Wardhana, Senin (4/1/2021).

Tidak hanya pengusaha di bidang produk olahan makanan atau minuman. Ada pula bidang jasa yang ditawarkan oleh pelaku usaha dalam audisi. Pada umumnya mereka berharap bisa menjadi mitra PSS, bekerja sama dan mendapatkan bantuan dalam hal pemasaran maupun pengembangan usahanya.

"Yang menarik dari audisi ini, ternyata banyak juga sosok-sosok yang mendadak jadi pengusaha karena pandemi COVID-19. Mereka memiliki kreativitas dan semangat yang patut diacungi jempol," bebernya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Saling Menguntungkan

Ada beberapa kriteria yang dinilai untuk dapat lolos menjadi tenant atau rekan bisnis di Omah PSS, di antaranya, harus mengandung nilai kearifan lokal.

Hasil dari audisi yang menjadi kegiatan PSS di penghujung tahun 2020 itu akan diumumkan pada 9 Januari 2020. Nantinya, mitra terpilih, berkesempatan menempati Omah PSS mulai tanggal 20 Januari 2020.

Ketertarikan masyarakat untuk mengikuti Kancane PSS terbilang cukup tinggi. Peserta audisi juga ada yang datang dari Semarang.

Besarnya antusiasme pelaku usaha yang ingin bekerja sama dengan PSS, bakal mendorong pengusaha lainnya mengikuti jejak. PSS pun akan mengadakan audisi tahap kedua, agar semakin banyak UMKM yang menjadi mitra bisnis tim Elang Jawa.

"Pada tahap kedua kolaborasi UMKM dengan PSS, yakni sinergi untuk membantu produk mereka, dengan memperkenalkan dan memasarkan. Pada kolaborasi tahap ketiga adalah mensinergikan dengan usaha-usaha besar yang bermitra dengan PSS," jelas Andy Wardhana.

Video Populer

Foto Populer