Piala AFF dan SEA Games Tak Masuk Daftar Prioritas Thailand, Keuntungan untuk Timnas Indonesia?

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 04 Jan 2021, 22:30 WIB
Diperbarui 04 Jan 2021, 22:30 WIB
Timnas Indonesia Vs Thailand
Pemain Thailand saat melawan Timnas Indonesia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Selasa (10/9). Indonesia takluk 0-3 dari Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Bangkok - Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) tak menjadikan Piala AFF dan SEA Games sebagai prioritas Timnas Thailand pada 2021. Presiden FAT, Somyot Poompanmoung, menyebut Tim Gajah Perang membidik target yang lebih besar lagi yakni Piala Dunia 2022.

Hal itulah yang membuat Timnas Thailand tak akan mengirimkan skuad terbaik ke Piala AFF dan SEA Games. Saat ini, fokus sepenuhnya Thailand adalah lolos ke babak selanjutnya pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Seperti yang saya katakan, ketika mengikuti turnamen di ASEAN bukan berarti kami harus mempersiapkan tim yang terbaik. Akan tetapi, itu artinya kami harus mempersiapkan tim untuk event yang lebih besar," kata Somyot Poompanmoung seperti dikutip Dailynews, Senin (4/1/2021).

"Contohnya adalah Piala Dunia. Itulah yang ingin saya sampaikan kepada seluruh suporter kami," tegas Somyot Poompanmoung.

Pernyataan Somyot Poompanmoung cukup masuk akal, karena sampai saat ini Thailand masih menjadi tim paling sukses di Piala AFF dengan koleksi lima gelar.

Begitu juga dengan SEA Games, Timnas Thailand sukses meraih sembilan medali emas, empat perak, dan lima perunggu dari cabang olahraga sepak bola.

Saat ini, Timnas Thailand menghuni peringkat ketiga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan raihan delapan poin. Tim berjulukan Gajah Perang itu masih punya peluang lolos ke babak selanjutnya asal bisa memaksimalkan tiga laga sisa.

2 dari 3 halaman

Keuntungan untuk Timnas Indonesia?

Timnas Indonesia Vs Thailand
Striker Timnas Indonesia, Irfan Bachdim, kehilangan bola saat melawan Thailand pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Selasa (10/9). Timnas Indonesia kalah 0-3 dari Thailand. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Situasi itu bisa menjadi keuntungan buat Timnas Indonesia. Apalagi, selama ini Timnas Thailand menjadi rival yang kerap memupuskan peluang juara Tim Garuda.

Meski demikian, Timnas Indonesia tetap harus berjuang dalam meraih gelar di Piala AFF dan SEA Games. Pasalnya, masih ada Vietnam yang serius untuk meraih kesuksesan pada dua ajang tersebut.

Piala AFF dan SEA Games tetap akan menarik tanpa keseriusan dari Thailand. Hal itu mengacu pada persaingan yang semakin ketat dari tim lain terlepas dari Vietnam dan Thailand.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓