Sukses


Persipura Terancam Batal Tampil di Piala AFC 2021, Jacksen Tiago Berharap Keajaiban

Bola.com, Surabaya - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago, pasrah dengan keputusan manajemen klub yang menghentikan aktivitas skuad, karena masalah finansial. Jacksen masih berharap adanya keajaiban agar timnya bisa tampil di Piala AFC 2021.

Persipura Jayapura memutuskan membubarkan tim karena sponsor utama, yakni Bank Papua tidak lagi mencairkan dana untuk aktivitas operasional klub. Hal itulah yang menjadi sumber masalah karena mengganggu kondisi keuangan klub.

"Saya baru tahu kabar itu dari media. Tidak banyak yang bisa saya ceritakan. Kalau sampai kapan dibubarkan, semua sudah jelas di pengumuman itu," kata Jacksen F. Tiago saat dihubungi wartawan.

"Soal Piala AFC, saya baca juga begitu. Kita doakan saja semoga ada keajaiban yang terjadi nanti," ucap pelatih asal Brasil itu.

Persipura Jayapura mendapatkan tiket berlaga di Piala AFC 2021, karena menjadi peringkat ketiga di Shopee Liga 1 2019. Tiket pertama sudah diraih Bali United sebagai juara, sedangkan Persebaya Surabaya di peringkat kedua tak bisa tampil karena terkendala lisensi klub profesional.

Manajemen Persipura Jayapura saat ini sedang berusaha menggalang dukungan suporter untuk biaya operasional klub. Hal itu harus segera dilakukan mengingat Kualifikasi Piala AFC 2021 bakal digelar pada April-Mei mendatang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Dinanti Sanksi

Manajemen Persipura Jayapura harus bisa memberikan kepastian terkait keikutsertaan di Piala AFC 2021. Jika Persipura gagal berlaga di Piala AFC, slot yang dimiliki bakal hangus.

Hal itu sesuai dengan regulasi Entry Manual for AFC Club competition 2021 yang tertuang dalam pasal 9.11 tentang klub yang memenuhi syarat untuk bermain di Kompetisi AFC, akan tetapi menolak untuk tampil. Selain itu, PSSI sebagai federasi yang menaungi Persipura juga bakal mendapatkan sanksi.

"Jika sebuah klub yang memenuhi syarat menolak untuk tampil di Kompetisi Klub AFC, meski punya lisensi, dan lolos kriteria keolahragaan, slot yang dialokasikan untuk Asosiasi Anggota akan dibatalkan, terlepas apakah itu slot tampil langsung atau tak langsung," tulis pasal itu.

Video Populer

Foto Populer