Sukses


5 Pemain Bintang yang Bakal Merana karena Pembubaran Skuad Persipura: Ada yang Berpeluang Pensiun

Bola.com, Jakarta - Sepak bola Indonesia dikejutkan dengan penghentian aktivitas yang dilakukan Persipura Jayapura pada awal Januari 2021. Padahal, selama ini Persipura dikenal sebagai klub yang cukup mapan dalam finansial.

Keputusan untuk menghentikan aktivitas tim dan membubarkan skuad dilakukan Persipura Jayapura karena terbelit masalah finansial. Bank Papua sebagai satu di antara sponsor utama menghentikan aliran dana untuk operasional klub.

"Terhitung sejak kompetisi terhenti pada Maret tahun lalu, Persipura Jayapura hanya disokong oleh PT Freeport, Kuku Bima, dan anggaran dari manajemen. Walaupun kompetisi tidak berjalan, tetapi kami tetap membayar gaji seluruh pemain, pelatih dan ofisial," kata pihak Persipura melalui pernyataan di Instagram klub.

"Dengan surat Bank Papua ini berarti kami tidak lagi punya sumber dana untuk beraktivitas. Kita semua tahu bagaimana menurunnya ekonomi selama pandemi COVID-19, sehingga kemampuan kami secara finansial juga menurun, apalagi ada kewajiban tetap membayar gaji seluruh personel tim."

Situasi ini tentu saja tak ideal untuk Persipura yang bakal mewakili Indonesia di Piala AFC 2021. Selain itu, pembubaran skuad musim 2020 tentu saja menjadi tamparan buat para pemain. Apalagi Persipura dikenal memiliki banyak pemain berkualitas.

Lantas, siapa saja pemain bintang yang terdampak pada pembubaran skuad Persipura Jayapura? Berikut ini adalah lima pemain bintang yang merana akibat pembubaran tim Persipura versi Bola.com.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Ricardo Salampessy

Ricardo Salampessy musim ini belum bermain untuk Persipura Jayapura. Pembubaran Persipura pada musim ini tentu saja bakal mengancam kelangsungan karier Ricardo Salampessy.

Pada 18 Februari 2021 nanti, Ricardo Salampessy bakal menginjak usia 37 tahun. Usia yang tentu saja sudah tak muda lagi buat pesepak bola.

Salampessy berpeluang pensiun lebih cepat jika kompetisi musim ini tak menemui kejelasan. Hal itu tentu saja bakal menjadi kerugian buat Persipura.

3 dari 6 halaman

Yustinus Pae

Yustinus Pae masih mampu menunjukkan kualitasnya bersama Persipura Jayapura. Padahal usianya sudah tak lagi muda yakni 37 tahun.

Yustinus Pae musim ini masih menjadi andalan Persipura di lini belakang. Pembubaran skuad yang dilakukan Persipura tentu bakal memengaruhi kelanjutan karier Yustinus Pae.

Pada usia yang sudah tak muda, Yustinus Pae berpeluang pensiun lebih cepat. Hal ini bakal terjadi mengingat tim Persipura sudah dibubarkan karena nasib kompetisi yang tak jelas.

4 dari 6 halaman

Ian Louis Kabes

Ian Louis Kabes musim ini baru bermain sekali di Persipura Jayapura. Pemain berusia 34 tahun itu kalah bersaing dengan Takuya Matsunaga, Todd Rivaldo Ferre, dan Thiago Amaral yang lebih sering dimainkan.

Ian Louis Kabes saat ini masih berusia 34 tahun. Penampilannya masih menjanjikan di lini tengah jika dipercaya bermain oleh pelatih Jacksen F. Tiago.

Namun, pembubaran skuad Persipura musim ini tentu berdampak langsung buat Ian Louis Kabes. Bisa saja dia memutuskan untuk gantung sepatu lebih cepat seiring nasib kompetisi yang tak pasti.

5 dari 6 halaman

Gunansar Mandowen

Gunansar Mandowen tampil mengesankan bersama Persipura Jayapura pada musim 2020/2021. Pemain berusia 20 tahun itu mampu mengeluarkan penampilan terbaik setelah mencetak satu gol dalam tiga pertandingan.

Namun, perkembangan karier Gunansar berpeluang terganggu seiring pembubaran tim yang dilakukan Persipura. Padahal, Gunansar Mandowen sedang memiliki tren positif dalam penampilannya.

Sang pemain tentu saja harus memikirkan kelangsungan kariernya. Jika Persipura tak bisa memberikan jaminan, pilihan mencari klub lain bisa dilakukan Gunansar Mandowen.

6 dari 6 halaman

Boaz Solossa

Boaz Solossa masih memiliki peran penting di Persipura Jayapura. Pemain berusia 34 tahun itu tercatat tampil sebanyak tiga kali dan sukses mencetak satu gol di Shopee Liga 1 2020.

Pembubaran skuat Persipura tentu menjadi tamparan keras buat Boaz Solossa. Bisa saja Boaz memikirkan untuk mencari peruntungan di klub lain.

Di usia yang sudah tak mudah tentu Boaz harus memilih klub yang tepat jika memutuskan untuk hengkang. Meski demikian, Boaz tentu harus memikirkan matang-matang rencana untuk meninggalkan klub yang sudah membesarkan namanya itu.

Video Populer

Foto Populer