Sukses


Kisah Persahabatan Ismed Sofyan dan Bambang Pamungkas: Sempat Bersaing di Posisi Striker hingga Dapat Label Tom and Jerry

Bola.com, Jakarta - Ismed Sofyan dan Bambang Pamungkas merupakan dua sosok legenda di Persija Jakarta. Keduanya pun sudah bersahabat sejak 1997 dan kerap disebut sebagai Tom and Jerry, karena saking dekatnya.

Ismed dan Bepe pertama kali bertemu saat mengikuti seleksi turnamen pelajar Asia pada 1997 di Ragunan, Jakarta Selatan. Ketika itu, Ismed Sofyan berasal dari PPLP (Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar) Medan, adapun Bambang Pamungkas dari PPLP Salatiga.

Uniknya, saat mengikuti seleksi, Ismed berposisi sebagai striker. Alhasil, dia pun bersaing dengan Bepe dan sejumlah pemain lainnya yang bermain sebagai penyerang.

Namun, akibat terlalu banyak pemain yang berposisi sebagai striker, Ismed akhirnya digeser ke pos bek kanan. Keputusan itu berdampak positif. Ismed Sofyan bersama Bepe lolos seleksi dan memperkuat Indonesia pada ajang Pelajar Asia di India.

Sejak saat itu, Ismed dan Bepe menjalin persahabatan. Keduanya pun beberapa kali memperkuat Timnas Indonesia, mulai dari U-19 hingga senior, serta membela Persija Jakarta.

Ismed berseragam Persija dari 2002 sampai saat ini. Sementara itu, Bambang Pamungkas tercatat tiga periode membela Tim Macan Kemayoran, yakni 1999 sampai 2005, 2007 sampai 2013, dan 2015 hingga 2019.

"Saya bersahabat dengan Bepe itu bisa dikatakan lama. Saya dari PPLP Medan, Bepe dari PPLP Salatiga. Kami bertemu itu pada 1997, saat seleksi turnamen Pelajar Asia. Saya dipanggil sebagai striker, Bepe juga dipanggil dari Salatiga sebagai striker," kata Ismed di kanal YouTube Persija TV.

"Jadi dari 1997 kami ikut turnamen Pelajar Asia di India, pada 1998 kami ikut Timnas Indonesia U-19, pra-Olimpiade, sampai kami ikut membela Timnas Indonesia senior. Akhirnya, kami satu klub di tim ibukota sampai sekarang," lanjut Ismed Sofyan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Kerap Disebut Tom and Jerry

Menjalin persahabatan lebih dari dua dekade, Ismed Sofyan dan Bambang Pamungkas sudah saling mengenal satu sama lain. Keduanya pun kerap kali saling menjahili, layaknya tokoh di film animasi Tom and Jerry.

"Jadi kalau dibilang kami Tom and Jerry itu begini, Bepe kan orangnya bisa dikatan usil, artinya suka ngerjain orang, terutama mungkin karena saya sudah kenal lama sama dia, sekamar sama dia, tahu karakter satu sama lain," jelas Ismed.

"Jadi kami kalau bercanda itu tidak ada batas, baik itu bercanda mau tidur, di kamar mandi, ataupun di lapangan. Jadi, kalau memang kami ini seperti Tom and Jerry adalah hal yang lumrah, karena kami berteman sudah sejak lama," lanjut Ismed Sofyan sambil tertawa.

Kombinasi dan persahabatan keduanya membawa dampak positif buat Persija Jakarta. Ismed dan Bepe turut serta membawa Tim Macan Kemayoran merengkuh trofi Piala Presiden 2018 dan Liga 1 2018.

Sumber: YouTube Persija TV

Video Populer

Foto Populer