Sukses


Curhat Jelte Pal, Striker Belia Keturunan Indonesia yang Berjuang Menembus Tim Utama Willem II

Bola.com, Jakarta - Sosok Jelte Pal menjadi sorotan pencinta sepak bola di Tanah Air ketika menjadi bagian dari Tevreden Group, agensi pemain yang dikelola Sergio van Dijk, eks striker Timnas Indonesia, pada akhir Oktober 2020 silam.

Kini, penyerang kelahiran 16 Oktober 2002 ini tergabung dalam skuad Willem II U-18. Dalam kanal YouTube, Yussa Nugraha, Jelte Pal mengungkap perjalanan kariernya serta ambisinya menembus tim Willem U-21, sekaligus membuka peluangnya masuk tim utama yang bermain di Eredivisie, kompetisi kasta tertinggi di Belanda.

"Saat ini, saya masih bermain di tim U-18. Semoga pada musim depan saya bisa menembus tim U-21," ujar Jelte.

Sejatinya pada musim lalu, Jelte sempat dimainkan dalam sejumlah laga Willem II U-21. Ia pun pernah membela Jong Willem II yang merupakan gabungan pemain terbaik U-18 dan pemain tim utama yang kurang mendapatkan menit bermain.

"Tampil bersama Jong Willem II adalah momen spesial. Bermain bersama dengan pemain yang pernah bermain di Eredivisie adalah pengalaman berharga buat saya," papar Jelte.

Berkiprah sebagai pemain profesional adalah impian Jelte yang memulai perjalanan kariernya dengan bergabung bersama klub amatir, BSC Roosendaal, saat usianya belum genap 10 tahun. Sebelumnya, ia mengenal sepak bola dari sang kakak yang sempat tergabung di Akademi NAC Breda.

Setelah menimba ilmu di BCS selama dua tahun, Jelte pindah ke RBC Roosendaal, klub semi profesional Belanda. Lima tahun berguru di RBC, talenta Jelte terpantau oleh pemandu bakat Willem II yang akhirnya merekrutnya untuk menjadi bagian tim junior.

"Jelte Pal memiliki talenta bagus sebagai seorang striker. Kami akan terus menjaga dan mengembangkan kariernya," terang Sergio van Dijk saat memperkenalkan rekrutan agensinya itu di akun Instagram Tevreden Group.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Pengagum Lionel Messi

Kelebihan Jelte Pal yang membuat Willem II kepincut terletak pada kejeliannya menempatkan diri di daerah pertahanan lawan, memiliki finishing yang akurat dan umpan yang apik. Kelebihan itu membuat Jelte kerap beroperasi di semua sisi lini depan.

"Saya lebih suka bermain sebagai striker. Tapi, situasi di lapangan membuat saya kerap juga beroperasi dari dua sisi sayap," terang Jelte.

Sebagai penyerang, Jelte mengaku terinspirasi dengan Lionel Messi, pemain idolanya. Dimata Jelte, Messi adalah penyerang paling lengkap di dunia saat ini.

"Mungkin dalam waktu yang lama bakal sulit memunculkan pemain seperti Messi," tegas Jelte.

Karena sosok Messi pula, Jelte menjadikan Barcelona sebagai klub impiannya. Permainan tiki-taka ala klub elite Spanyol dinilai Jelte jadi hiburan spesial di lapangan hijau.

"Semua pemain tentu ingin bermain di klub besar seperti Barcelona. Tapi, saat ini, saya fokus dulu untuk meningkatkan kemampuan individu dan berjuang menembus tim Willem II U-21 agar bisa mendapat kesempatan bermain di tim utama," pungkas Jelte.

Sumber: YouTube Yussa Nugraha

Video Populer

Foto Populer