3 Pekan di Spanyol Tanpa Uji Coba, Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia U-19 Berkembang

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 13 Jan 2021, 13:45 WIB
Diperbarui 13 Jan 2021, 13:45 WIB
Timnas Indonesia U-19
Pelatih Shin Tae-yong memastikan Timnas Indonesia U-19 mengalami perkembangan positif selama menjalani pemusatan latihan selama tiga pekan di Spanyol. (dok

Bola.com, Tarragona - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, mengungkapkan para pemainnya semakin berkembang setelah mengikuti pemusatan latihan selama tiga pekan di Spanyol. Namun, Shin Tae-yong menyayangkan berantakannya seluruh agenda Timnas U-19 di Spanyol.

Timnas Indonesia U-19 tiba di Spanyol sejak pengujung Desember 2020. Sejatinya, Timnas U-19 melakoni lima laga uji coba selama berada di Negeri Matador.

Namun, jadwal yang sudah disusun akhirnya berantakan karena pandemi COVID-19. Timnas U-19 kemudian hanya bisa menggelar sesi latihan biasa dan menggelar laga internal untuk mengukur perkembangan permainan.

"Tentu bila ada pertandingan uji coba pemain akan semakin berkembang. Kami tidak dapat menjalani uji coba karena kondisi COVID-19 di Spanyol yang tinggi dan berimbas tidak mendapatkan izin untuk uji coba. Selama tiga pekan di Spanyol, kami hanya melakukan dua kali internal game," kata Shin Tae-yong seperti dikutip situs resmi PSSI, Rabu (13/1/2021).

Meski begitu, Shin menyatakan selama menjalani TC di Spanyol para pemain Timnas Indonesia U-19 menunjukkan perkembangan yang baik dan selalu bekerja keras. Pelatih asal Korea Selatan itu pun memprediksi masa depan para pemainnya bakal cerah.

"Kami harap pemain terus bersemangat, kerja keras serta selalu bermain maksimal. Mereka kariernya masih panjang dan menjadi generasi penerus Timnas Indonesia U-23 maupun senior," tegas Shin Tae-yong.

2 dari 3 halaman

Kembali ke Indonesia

Timnas Indonesia U-19
Pelatih Shin Tae-yong mempersiapkan timnya dengan melakukan laga internal untuk mengasah kemampuan Timnas Indonesia U-19. (dok. PSSI)

Situasi Spanyol yang tak kunjung kondusif membuat Timnas Indonesia U-19 pulang lebih cepat. Timnas U-19 dijadwalkan bertolak dari Spanyol pada Rabu (13/1/2021) siang waktu setempat.

Rombongan Timnas Indonesia U-19 kembali ke Tanah Air dengan menggunakan maskapai Turkish Airlines TK1854. Pasukan Shin Tae-yong lebih dulu akan melakukan transit di Istanbul, Turki.

Kemudian Timnas U-19 bakal menggunakan maskapai Turkish Airlines TK56 menuju Jakarta. Rombongan diperkirakan tiba di Jakarta pada Kamis (14/1/2021) malam WIB.

Setelah tiba di Jakarta, Timnas U-19 langsung bertolak ke hotel untuk melakukan karantina mandiri. Nantinya, rombongan juga akan kembali melakukan tes PCR.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Half Time Show, Pandemi Covid-19 Mencabut Nyawa Sepak Bola Indonesia