Kabar Bola ASEAN: Pemerintah Malaysia Terapkan PSBB, Tim Harimau Malaya Batal Latihan

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 13 Jan 2021, 17:45 WIB
Diperbarui 13 Jan 2021, 17:45 WIB
FOTO: Malaysia Gelar Latihan Perdana Jelang Hadapi Timnas Indonesia
Pemain Timnas Malaysia saat latihan jelang laga kualifikasi Piala Dunia di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9). Malaysia akan berhadapan dengan Indonesia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Petaling Jaya - Timnas Malaysia batal melakukan pemusatan latihan pada Januari 2021. Keputusan pembatalan itu diambil setelah Pemerintah Malaysia melakukan Movement Control Order (MCO), atau yang akrab dikenal di Indonesia sebagai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Timnas Malaysia sejatinya menggelar pemusatan latihan pada 16-26 Januari 2021. Kegiatan itu dilakukan untuk persiapan melakoni Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Namun, rencana yang sudah disusun tersebut batal terlaksana. Presiden Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Datuk Hamidin Mohd Amin, menyebut pihaknya terpaksa membatalkan kegiatan tersebut demi keselamatan dan kesehatan pemain.

“Demi kesehatan para pemain dan semua orang yang terlibat, kami harus menerima (pengumuman MCO). Keamanan jauh lebih penting dan untuk itu kami putuskan membatalkan sesi latihan yang direncanakan," kata Hamidin seperti dikutip AFF, Rabu (13/1/2021).

Timnas Malaysia rencananya bakal menggelar pemusatan latihan pada Maret 2021. Hamidin berharap, persiapan yang mepet tak mengganggu penampilan para pemain di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

“Namun, tim masih harus berlatih pada Maret sebagai persiapan untuk sisa pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA. Para pemain harus siap," tegas Hamidin.

2 dari 3 halaman

Adem Ayem

Timnas Indonesia Vs Malaysia
Pemain Timnas Indonesia saat melawan Malaysia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). Indonesia takluk 2-3 dari Malaysia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Berbeda dengan Timnas Malaysia yang sudah punya rencana jelas, Timnas Indonesia justru terlihat adem ayem. Sampai awal Januari 2021 belum diketahui kapan pasukan Shin Tae-yong itu akan menggelar persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Hal itu terjadi karena Shin Tae-yong masih fokus pada Timnas U-19. Padahal, Timnas Indonesia senior masih memiliki tiga laga sisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022 yakni melawan Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

Meskipun sudah tak punya peluang, laga-laga itu bermanfaat untuk mengukur performa Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Laga itu juga bisa dimaksimalkan untuk memperbaiki peringkat Indonesia di ranking FIFA.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Half Time Show, Pandemi Covid-19 Mencabut Nyawa Sepak Bola Indonesia