Menpora Rekomendasikan Vaksinasi COVID-19 untuk Timnas Indonesia U-16, U-19, dan Senior

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 13 Jan 2021, 18:15 WIB
Diperbarui 13 Jan 2021, 18:15 WIB
Zainudin Amali dan Mochamad Iriawan
Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (13/1/2020). (Bola.com/Zulfirdaus Harahap).

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia, khususnya U-16, U-19, dan senior siap-siap akan divaksin COVID-19 dalam waktu dekat. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) merekomendasikan kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk melakukan vaksinasi terhadap atlet dan ofisial, terutama yang bakal bertanding.

Timnas Indonesia U-16 akan berkancah di Piala AFC U-16 Bahrain pada Maret-April 2021. Adapun, Timnas Indonesia U-19 bakal tampil di Piala AFC U-19 Uzbekistan pada Maret 2021.

Sedangkan Timnas Indonesia, segera melanjutkan sisa babak penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada Maret-Juni 2021.

"Vaksinasi untuk semua atlet dan ofisial, termasuk pelatih, yang dalam waktu dekat bakal mengikuti turnamen dan lain-lain, kami upayakan untuk diprioritaskan," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali pada konferensi pers melalui Zoom, Rabu (13/1/2021).

"Tak ada pembatasan. Yang akan menentukan itu kegiatan yang segera diikuti. Datanya akan kami serahkan ke Kemenkes. Tentu, Kemenkes akan membaca surat yang kami cantumkan. Terkait kapan kebutuhan divaksinasi dan kapan atlet akan bertanding," jelas Amali.

Amali menuturkan pihaknya tidak bisa menentukan kapan vaksinasi untuk atlet dan ofisial, termasuk Timnas Indonesia U-16, U-19, dan senior. Kemenpora akan mencatat datanya lebih dulu sebelum disetor ke Kemenkes.

"Itu nanti Kemenkes yang akan menentukan jadwalnya. Kami tidak bisa menentukan. Karena memang di prioritas awal, yang divaksinasi COVID-19 itu tenaga kesehatan," imbuh Amali.

"Di samping tenaga kesehatan, kami ingin disisipkan kebutuhan untuk atlet dan ofisial. Jadi tidak ada pemisahan. Yang jelas, diutamakan bagi atlet dan ofisial yang akan berkegiatan," ucap menteri asal Gorontalo tersebut.

2 dari 3 halaman

Data Masih Kosong

Timnas Indonesia U-19
Pelatih Shin Tae-yong mempersiapkan timnya dengan melakukan laga internal untuk mengasah kemampuan Timnas Indonesia U-19. (dok. PSSI)

Menurut Amali, pihaknya saat ini baru sebatas mengumpulkan data pemain dan ofisial yang akan divaksin. Nantinya, Kemenkes yang menentukan jadwal vaksinasi.

"Data atlet dan ofisial masih kosong. Kami masih kumpulkan. Kapan mulainya? Kemenkes nanti yang menentukan. Kami memberikan data dan keterangan untuk apa, kegiatan apa, dan kapan," terang politikus Partai Golkar tersebut.

Vaksinasi di Indonesia telah dimulai pada Rabu (13/1/2021) dengan Presiden Jokowi menjadi penerima pertama. Tenaga kesehatan (nakes) menjadi pihak selanjutnya yang akan diberikan vaksinasi virus corona.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓