Sukses


Menpora: Timnas Indonesia U-22 Harus Rebut Medali Emas SEA Games 2021

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali meminta cabang olahraga (cabor) sepak bola untuk meraih medali emas di SEA Games 2021 Vietnam. Target bagi Timnas Indonesia U-22 itu tidak bisa ditawar lagi.

"Saya pribadi menginginkan dua target. Peningkatan pencapaian dari SEA Games sebelumnya dan cabor sepak bola harus diupayakan merebut medali emas," kata Amali pada konferensi pers via Zoom, Rabu (13/1/2021).

Timnas Indonesia U-22 hampir meraup medali emas di SEA Games 2019 Filipina. Namun, pada babak final, tim berjulukan Garuda Muda itu kalah 0-3 dari Vietnam.

Cabor sepak bola telah paceklik medali emas SEA Games selama 30 tahun. Kali terakhir Timnas Indonesia U-22, yang kala itu masih bernama timnas senior, berdiri di podium tertinggi ialah pada 1991.

Total sepanjang keikutsertaan di SEA Games, Timnas Indonesia baru dua kali membawa pulang medali emas. Thailand menjadi tim terbanyak dengan 16 kali menjadi yang terbaik di pesta olahraga Asia Tenggara tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Perbaikan Peringkat

Selain itu, Amali juga menginginkan perbaikan peringkat untuk delegasi Indonesia di SEA Games 2021. Pada dua tahun lalu, Indonesia menduduki posisi keempat dengan 72 medali emas, 84 perak, dan 111 perunggu.

"Sampai sekarang kami belum menetapkan target resmi. Kami sedang membuat kalkulasi dari 40 cabor yang dipertandingan. Kira-kira mana yang berpotensi meraih medali," ucap Amali.

"Tapi, saya sudah minta kepada teman-teman cabor supaya ada perbaikan peringkat dari SEA Games 2019. Jadi baru arahan umum saja kepada mereka," imbuhnya.

Video Populer

Foto Populer