Sukses


Sidik Saimima Ungkap Pengalaman Berlatih dengan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Bola.com, Gianyar - Gelandang Bali United, Sidik Saimima, mengungkapkan pengalamannya berlatih di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sidik Saimima mengaku bersyukur bisa mendapatkan ilmu secara langsung dari Shin Tae-yong.

Sidik Saimima mendapatkan kesempatan merasakan tempaan latihan dari pelatih Shin Tae-yong pada Desember 2020. Ketika itu, Sidik Saimima menjadi satu dari 36 pemain yang dipanggil untuk persiapan Timnas Indonesia skuat SEA Games 2021.

Meskipun hanya sebentar, namun pemusatan latihan Timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong menimbulkan kesan mendalam bagi Sidik Saimima. Pemain berusia 23 tahun itu menyebut, Shin Tae-yong adalah pelatih yang disiplin dan menaruh perhatian besar pada pemainnya.

"Saya melihat Coach Shin sebagai pelatih Asia yang disiplin. Banyak hal yang diterapkan mengenai kedisiplinan, mulai dari pola makan, minum, latihan dan istirahat," kata Saimima seperti dikutip situs resmi klub, Kamis (14/1/2021).

"Yang ditekankan beliau juga adalah perihal fisik dan mental setiap pemain saat latihan. Saya menikmati juga setiap sesi latihan waktu itu," ucap Saimima.

Sejauh ini, Sidim Saimima belum pernah tampil membela Timnas Indonesia di semua kelompok umur. Sidik Saimima berpeluang tampil pertama kali bersama Timnas Indonesia pada jika terpilih dalam skuat Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Tak Banyak Perbedaan

Sidik Saimima juga mengungkapkan, secara kualitas Shin Tae-yong tak jauh berbeda dengan gaya melatih pelatih lokal. Perbedaan hanya pada cara dan strategi yang diterapkan saja di Timnas Indonesia.

"Tipikal Coach Shin yang keras dan disiplin ini sebenarnya juga tidak terlalu jauh berbeda dengan tim pelatih lokal yang ada di Indonesia. Berbeda mungkin dari cara melatih dan strategi, tapi secara keseluruhan juga pelatih lokal sama bagus kualitasnya," jelas Saimima.

Shin Tae-yong saat ini sedang fokus di Timnas Indonesia U-19. Rencananya, Timnas U-19 bakal tampil di Piala AFC U-19 yang bakal berlangsung pada Maret 2021.

Video Populer

Foto Populer