Sukses


Cerita Kekaguman Sopian Hadi terhadap Mbeng Jean, Kiper yang Membawa Persija Juara Liga Indonesia 2001

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta diperkuat banyak pemain hebat ketika menjadi juara Liga Indonesia 2001. Hampir di semua lini, skuad asuhan Sofyan Hadi memiliki kekuatan merata.

Dari lini depan, Persija punya duet Gendut Doni dan Bambang Pamungkas plus Widodo C Putro sebagai deputi. Lalu di lini tengah bercokol nama-nama Luciano Leandro, Imran Nahumarury sampai Dedi Umarella.

Lini belakang lebih menakutkan lagi. Siapa tak kenal Nur'alim atau Antonio Claudio. Apalagi posisi penjaga gawang disii kiper asal Kamerun, Mbeng Jean Mambalou.

Dan melalui channel Youtube Persija TV, Sopian Hadi yang pada tahun 2001 berstatus deputi Mbeng Jean, mengenang sosok kiper yang dikenal sangat tenang dalam mementahkan serangan lawan itu.

Menurut Sopian Hadi, pada momen Persija juara tahun 2001, ia melihat sosok Mbeng Jean merupakan kiper hebat yang memiliki segudang pengalaman.

"Usia memang tidak jauh berbeda dengan dia, tapi secara pengalaman dia jauh lebih berpengalaman dari saya. Saya banyak belajar dari dia, dari bagaimana cara berkomunikasi dengan pemain belakang," kata Sopian Hadi.

"Lalu bagaimana mengorganisasi pemain belakang, saya banyak belajar banyak dari dia,” tambah pemain yang pernah memperkuat dua tim asal Tangerang: Persita dan Persikota itu.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Kenangan Tentang Mbeng Jean

Sopian Hadi turut ditanya soal kenangan paling manis dari sosok Mbeng Jean saat sama-sama memperkuat Persija. Apalagi keduanya merupakan teman sekamar saat Persija juara tahun 2001.

“Hampir setiap momen banyak yang tidak terlupakan dengan dia, karena ke mana-mana saya selalu sama dia," kenang Sopian Hadi.

"Seperti teman satu kamar jadi banyak hal juga dia banyak cerita. Ditambah dia orangnya sangat disiplin, sangat profesional juga, jadi pantas untuk jadi panutan,” tambahnya.

Meski diplot sebagai kiper kedua, Sopian Hadi justru lebih dulu bermain untuk kompetisi Liga Indonesia musim 2001.

Ketika itu, Mbeng Jean sedang menyelesaikan proses perizinan dan Sopian Hadi ditunjuk menjadi kiper utama Persija dalam dua pertandingan awal kompetisi 2001 melawan Persijatim dan Persikabo.

 

Sumber: Channel Youtube Persija TV

 

Video Populer

Foto Populer