Sukses


Pelatih Persib Sarankan PT LIB Gelar Liga 1 Ikuti Periode Kompetisi Eropa

Bola.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts menyarankan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutar Shopee Liga 1 2021 seperti periode liga-liga Eropa.

Selain itu, Robert juga mengusulkan PSSI menggelar turnamen sebagai pemanasan menuju kompetisi Shopee Liga 1 2021.

Turnamen tersebut bisa digelar Maret atau April 2021 sehingga klub bisa bersiap dan mulai mencari pemain asing. Apabila Liga 1 dimulai Maret, terlalu terburu-buru.

Terlebih, semua tahu bahwa saat ini, klub bakal sulit mencari pemain asing karena kebijakan masuk Indonesia.

"Jadi coba dimulai dengan turnamen, supaya semua klub bisa memulai lagi latihan dan klub juga bisa mulai bermain lagi di laga kompetitif sambil bersiap menghadapi liga yang sebenarnya," jelas Robert Alberts saat dihubungi awak media, Selasa (19/1/2021).

Selain itu, jika kompetisi Agustus, saat itu sudah tahu hasil dari vaksin dan bagaimana penanganan COVID-19, tidak hanya di Indonesia tapi di dunia.

"Jika Indonesia bisa mengikuti jalannya musim seperti di Eropa saya rasa akan ada banyak kemudahan untuk Indonesia. Kami tak bisa lupa di Eropa ada musim panas di November, Desember, Januari, Februari ada musim dingin, empat bulan musim dingin di sepak bola yang mungkin menghentikan kompetisi karena kondisi musim dingin," ucap Robert.

"Tapi di Indonesia kami tidak punya itu meski ada musim hujan. Pada prinsipnya kami bisa memainkan laga sepanjang musim kompetisi di iklim yang ada," tambah pelatih Persib Bandung asal Belanda ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Keuntungan

Robert menambahkan, dengan mengikuti sistem periode di Eropa seperti musim 2021/2022 paga Agustus-Mei, akan ada keuntungan yang didapat Indonesia.

Transfer window yang sama dengan Eropa dan lebih mudah menyesuaikan dengan kalender FIFA seperti turnamen besar.

"Saya rasa demi kebaikan, mulai turnamen pada akhir Maret atau awal April hingga Juni atau Juli, setelah itu klub bisa bergerak lagi seperti mulai mengontrak pemain termasuk pemain asing dengan kualitas yang bagus dan bisa fokus serta menyiapkan pramusim yang bagus supaya bisa kembali bermain di liga 1 pada Agustus 2021," ungkap Robert mengakhiri.

Video Populer

Foto Populer