Jika Shopee Liga 1 Masih Vakum di 2021, Bomber Timnas Indonesia U-19 Ingin Jadi TNI AU

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 21 Jan 2021, 13:45 WIB
Diperbarui 21 Jan 2021, 13:45 WIB
Penyerang Timnas Indonesia U-19, Saddam Gaffar.
Penyerang Timnas Indonesia U-19, Saddam Gaffar. (PSSI).

Bola.com, Jakarta - Bomber Timnas Indonesia U-19, Saddam Gaffar, telah memiliki rencana lain jika Shopee Liga 1 musim ini masih vakum. Pemain PSS Sleman itu berencana mendaftar sebagai prajurit TNI Angkatan Udara (AU).

"Kalau kompetisi tahun ini belum jalan juga, saya mau mendaftar sebagai TNI AU. Ini untuk masa depan saya," ujar Saddam.

"Sebab, menjadi pemain sepak bola kan tidak sampai usia lanjut. Paling hanya sampai umur 30-an. Usia 34-an juga sudah berat," jelas Saddam.

Saat ini, Saddam baru menginjak 19 tahun. Umurnya masih masuk kriteria karena maskimal pendaftar TNI berusia 22 tahun.

Saddam mempunyai tubuh yang proporsional. Berdasarkan sejumlah acuan, pemain asal Jepara, Jawa Tengah ini berpostur 183 cm.

Saddam telah menjadi anggota tetap Timnas Indonesia U-19 sejak dilatih Shin Tae-yong pada awal tahun lalu. Striker kelahiran 24 September 2001 ini punya kelebihan dalam duel udara.

2 dari 3 halaman

Cari Jalur Prestasi

Penyerang Timnas Indonesia U-19, Saddam Gaffar, ketika melawan Qatar U-19, Minggu (20/9/2020).
Penyerang Timnas Indonesia U-19, Saddam Gaffar, ketika melawan Qatar U-19, Minggu (20/9/2020). (PSSI).

Saddam tengah mencari cara untuk masuk sebagai TNI AU. Dia disarankan menempuh jalur melalui prestasi dari sepak bola mengingat statusnya sebagai pemain Timnas Indonesia U-19.

"Kenapa TNI AU? Saya mendapatkan saran dari senior saya. Ada rekomendasi juga dari jalur sepak bola. Saya masih cari tahu untuk pakai cara itu," tutur Saddam.

"Tes masuk TNI AU sepertinya Februari-Maret 2021. Alasan lainnya ingin menjadi anggota TNI, sebab dari keluarga tidak ada yang menjadi angkatan. Cuma saudara jauh saja yang ada. Keluarga juga sangat mendukung," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Half Time Show, Menuju Piala Menpora dan Bagaimana Sepak Bola Tanpa Penonton?