Keputusan PSSI Batalkan Liga 1 2020 Sudah Tepat, tapi...

Oleh Nandang Permana pada 22 Jan 2021, 20:15 WIB
Diperbarui 22 Jan 2021, 20:15 WIB
Shopee Liga 1 - Logo Klub
Shopee Liga 1 - Logo Klub (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Pengamat sepak bola Tanah Air, Kesit Budi Handoyo menilai keputusan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) membatalkan kompetisi musim 2020 sebagai langkah yang tepat. Pasalnya, jika tidak ada keputusan tersebut, maka sudah dipastikan klub-klub kontestan Liga 1 akan dibuat kesulitan.

PSSI beberapa hari yang lalu memutusukan Shopee Liga 1 2020 dibatalkan dengan catatan tanpa ada juara dan degradasi. Penghentian kompetisi tersebut diambil setelah menggelar rapat Exco.

Sebagai pengingat, PSSI kesulitan mendapatkan izin penyelengaraan dari Polri. Sebelum memutuskan membatalkan kompetisi 2020, PSSI sudah beberapa kali menunda kick-off lanjutan Liga 1.

"Keputusan Exco PSSI terkait dengan dibatalkannya Liga 1 dan 2 sudah tepat, (karena) di tengah ketidakpastian izin penyelenggaraan. Meskipun terlambat, dengan adanya kepastian pembatalan klub-klub pun menjadi lega. Setidaknya mereka bisa segera mengambil keputusan terkait dengan kontrak-kontrak pelatih maupun pelatihnya," kata pengamat yang akrab disapa Bung Kesit ini kepada Bola.com, Sabtu (23/1/2021).

"Alasan force majeure memang paling tepat karena pandemi memang telah membuat seluruh kegiatan olahraga nasional, termasuk Liga 1, tidak bisa berbuat apa-apa karena sulit mendapatkan izin," tambahnya.

 

2 dari 3 halaman

Harus Segera Memberikan Pernyataan

Shopee Liga 1 2020 Logo
Ilustrasi Liga 1 Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Hanya saja, pria yang sering tampil di layar kaca sebagai komentator pertandingan sepak bola ini, menyayangkan keputusan exco PSSI tidak atau belum menjawab pertanyaan masyarakat, yakni apa langkah berikutnya setelah pembatalan Liga1 dan 2.

"Apakah tetap belum bisa dijalankan mengingat pandemi masih terjadi, bahkan cenderung terjadi peningkatan jumlah orang yg terpapar? Atau, jika musim 2021 ini akan digelar, pertanyaannya adalah kapan?" ungkapnya.

"Pun demikian soal perizinan, sampai sejauhmana upaya PSSI bisa meyakinkan pihak pemerintah (Polri) bahwa kompetisi sepakbola di Indonesia bisa digelar?Ini penting sebagai pegangan klub dalam menyiapkan kembali timnya menjelang Liga," Kesit memgakhiri pembicaraan.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Half Time Show, Menuju Piala Menpora dan Bagaimana Sepak Bola Tanpa Penonton?