Sukses


Dikontrak Ipswich Town hingga 21 Tahun, Elkan Baggott Jadi Pemain Indonesia Pertama yang Dikontrak Klub Inggris

Bola.com, Ipswich - Bek Timnas Indonesia U-19, Elkan Baggott, memulai babak baru dalam kariernya dengan menandatangani kontrak profesional pertama bersama Ipswich Town. Kontrak ini membuat Elkan Baggott mencetak sejarah sebagai pemain Indonesia pertama yang dikontrak klub Inggris.

"Bek tengah ini berkomitmen dengan Ipswich Town sampai 2023. Elkan Baggott telah menandatangani kontrak profesional pertamanya bersama Ipswich Town," bunyi keterangan resmi klub, Kamis (28/1/2021).

Dalam kontrak itu, ada klausul penambahan selama 12 bulan. Itu dilakukan Ipswich Town karena sadar akan potensi yang dimiliki pemain berusia 18 tahun tersebut.

Kontrak profesional yang ditandatangani Elkan Baggott membuat dirinya akan terikat sampai maksimal berusia 21 tahun. Situasi ini juga sekaligus mengakhiri teka-teki masa depan Elkan Baggott.

Sebelumnya, Elkan Baggott dibikin sejumlah klub elite Premier League. Manchester United, Leeds United, hingga West Ham United sempat dikaitkan dengan rencana perekrutan Elkan Baggott.

Ketertarikan terhadap Elkan Baggott terjadi setelah melihat penampilan sang pemain dalam debut bersama tim senior Ipswich Town. Ketika itu, Elkan Baggott tampil apik di jantung pertahanan Ipswich Town saat mengalahkan Gillingham FC 2-0 di EFL Trophy (20/10/2020).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Aset Timnas Indonesia

Elkan Baggott bisa menjadi aset masa depan Timnas Indonesia. Apalagi sang pemain punya kemampuan dan postur tubuh yang mendukung.

Elkan Baggott menjadi andalan Shin Tae-yong pada pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia pada September 2020. Elkan Baggott menunjukkan kemampuannya dengan menjaga pertahanan dan menghalau alur serangan bola udara.

Hal ini tentu saja menjadi modal berharga buat Elkan Baggott dalam misi menembus skuat Timnas Indonesia senior. Dengan postur 194 cm membuat Elkan Baggott bakal menjadi tembok kukuh Timnas Garuda di masa depan.

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto, menjelaskan bahwa Elkan Baggott merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Dia bukan berstatus WN Thailand, tempat kelahirannya, maupun Inggris, negara asal ayahnya.

"Dia WNI dan sudah berpaspor Indonesia. Dia bukan naturalisasi. Sedari awal, dia memang WNI," kata Nova kepada Bola.com, Kamis ((23/7/2020).

Video Populer

Foto Populer