Sukses


Pemkot Surabaya Izinkan Persebaya Gunakan Stadion GBT dan Gelora 10 November

Bola.com, Surabaya - Plt Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana memastikan Persebaya Surabaya bisa menggunakan dua stadion yang terdapat di Kota Pahlawan. Dua stadion itu adalah Gelora Bung Tomo (GBT) dan Gelora 10 November.

Hal itu disampaikan oleh pria yang sebelumnya menjabat sebagai wakil walikota Surabaya tersebut dalam rapat bersama jajaran Pemerintah Kota Surabaya.

"GBT dan Gelora 10 November itu bisa digunakan Persebaya Surabaya. Asalkan membayar sewa. Untuk tarif sewanya, saat ini sedang digodok oleh teman-teman DPRD (Kota Surabaya) untuk berapanya," kata pria berusia 46 tahun itu.

Persebaya sebenarnya cukup akrab dengan Stadion GBT sejak kembali berlaga di kompetisi nasional mulai 2017. Stadion berkapasitas 50 ribu penonton itu menjadi markas saat menjamu lawan, sekaligus beberapa kali menjadi tempat latihan.

Hal yang berbeda justru terjadi pada Stadion Gelora 10 November yang notabene memiliki banyak kenangan buat klub Bajul Ijo. Persebaya belum pernah sama sekali menggunakannya sejak 2017, baik pertandingan maupun latihan.

Padahal, Stadion Gelora 10 November merupakan kandang Persebaya Surabaya sejak masih berkompetisi di era Perserikatan. Berbagai kenangan meraih gelar juara Perserikatan, Liga Indonesia, hingga Divisi Utama terjadi di stadion yang terletak di Kecamatan Tambaksari itu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Mengalami Renovasi

Dua stadion di Surabaya itu kini mengalami banyak perubahan setelah dilakukan renovasi oleh Pemkot Surabaya. Mulanya, keduanya disiapkan sebagai venue Piala Dunia U-20 2021, namun terpaksa mundur karena ajang ditunda dua tahun.

Whisnu memaparkan sistem sewa yang dilakukan oleh pihaknya dengan Persebaya Surabaya bisa dilakukan dengan beberapa opsi.

"Bisa digunakan sistem BOT dengan Persebaya. Bisa juga sistem sewa. Nanti ke depan kita akan melakukan diskusi bersama pihak Persebaya terkait hal ini. Ini tadi hasil rapat jajaran Pemerintah Kota Surabaya itu salah satu skema yang kita tawarkan," imbuh alumnus Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya itu.

Penggunaan dua stadion itu sebenarnya tidak bisa dilakukan oleh Persebaya dalam waktu dekat. Sebab, belum diputuskan kapan kompetisi bakal digelar setelah PSSI secara resmi meniadakan liga edisi musim 2020.

Video Populer

Foto Populer