Sukses


Ramai-ramai Klub Liga 1 Dukung Turnamen Pramusim Sebelum Kompetisi 2021 Digelar, Biar Para Pemain Tidak Linglung

Bola.com, Samarinda - Klub peserta kompetisi kasta tertinggi Indonesia ramai-ramai mendukung ide menggelar turnamen pramusim sebelum Liga 1 tahun ini digelar. Kejuaraan pemanasan dibutuhkan biar para pemain tidak linglung ketika mengarungi kompetisi.

"Hampir setahun pemain tidak berkompetisi. Artinya, ada banyak hal-hal teknis yang hilang dari pemain. Satu di antaranya tentunya adalah ball feeling dan atmosfir kompetisi," kata asisten pelatih Borneo FC, Ahmad Amiruddin dinukil dari laman klub.

Amiruddin mengatakan, pengadaan turnamen pramusim akan lebih banyak manfaat dibanding mudaratnya. Contohnya, para pemain bisa memamerkan keahliannya untuk bersaing di tim utama sebelum Liga 1 dimulai.

"Selain itu, dengan tim lain, tentu saja ada keinginan untuk memenangkan setiap pertandingan," jelas pria yang karib dipanggil Amir itu.

Selain untuk klub, turnamen pramusim juga baik untuk PT Liga Indonesia Baru (LIB). Operator Liga 1 tersebut bisa banyak belajar dari penyelenggaraan itu sebelum memutar kompetisi tahun ini.

"Artinya, PT LIB bisa belajar bagaimana menjalankan kompetisi di tengah pandemi. PT LIB praktis bisa berkaca bagaimana menjalankan protokol kesehatan soal pandemi dan sebagainya. Kekurangan yang terjadi di turnamen pramusim, bisa dibenahi di kompetisi," jelas Amir.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Dukungan dari 2 Klub Lain

Selain Borneo FC, masih ada sejumlah klub lainnya yang mendukung digulirkannya turnamen pramusim. Dua di antaranya adalah Madura United dan Persib Bandung.

"Harapan saya, tentu ada turnamen sebagai pramusim atau pemanasan. Itu juga bisa menjadi simulasi sepak bola di tengah COVID-19 ini, bisa atau tidak?" ujar Rahmad Darmawan, pelatih Madura United dinukil dari Antara.

Bek Persib, Victor Igbonefo, khawatir jika langsung bermain di Liga 1, para pemain mudah keram dan berujung cedera.

"Saya khawatir kalau Liga 1 langsung dimulai tanpa adanya turnamen, akan ada banyak pemain yang cedera dan tidak berada di level terbaiknya," kata Igbonefo dinukil dari laman Persib.

"Ide menggelar turnamen itu bagus. Sebab, para pemain sudah tidak terlalu lama merasakan pertandingan," jelas pemain naturalisasi kelahiran Nigeria tersebut.

Video Populer

Foto Populer