5 Bek Tangguh bak Karang yang Dipanggil Shin Tae-yong ke TC Timnas Indonesia Proyeksi SEA Games 2021

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 08 Feb 2021, 08:15 WIB
Diperbarui 08 Feb 2021, 08:15 WIB
Timnas Indonesia - Rachmat Irianto, Firza Andika, Andy Setyo
Timnas Indonesia - Rachmat Irianto, Firza Andika, Andy Setyo (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil 36 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan proyeksi SEA Games 2021. Nama-nama yang dipanggil merupakan perpaduan antara pemain senior, U-22, hingga U-19.

SEA Games 2021 menjadi satu dari sejumlah target yang dibebani PSSI kepada Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu tak main-main dalam mempersiapkan skuad Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong dikenal sebagai pelatih yang gemar memainkan skema 4-3-3. Formasi itu sering diterapan Shin Tae-yong selama bertugas di Timnas Indonesia U-19.

Melalui skema itu, Timnas Indonesia mematikan dalam melancarkan serangan dan juga tangguh saat bertahan. Faktor-faktor itu sangat penting untuk memenangi pertandingan.

Lini pertahanan Timnas Indonesia juga mulai tangguh dan sukar dijebol lawan. Skema itu diyakini akan diadopsi Shin Tae-yong pada skuad Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021.

Sebanyak 13 bek dipanggil Shin Tae-yong untuk unjuk kemampuan pada pemusatan latihan Timnas Indonesia yang digelar di Jakarta pada 8-28 Februari 2021. Bola.com mencatat, ada lima pemain yang berpotensi menunjukkan penampilan paling maksimal berkat kualitas yang dimiliki. Siapa saja?

2 dari 8 halaman

Firza Andika

Pemain Timnas Indonesia U-22, Firza Andika, mengamati rekannya. (Bola.com/Yoppy Renato)
Pemain Timnas Indonesia U-22, Firza Andika, mengamati rekannya saat latihan di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (17/1). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF U-22. (Bola.com/Yoppy Renato)

Firza Andika merupakan bek kiri tangguh yang dimiliki Indonesia saat ini. Firza memulai debut di Timnas Indonesia U-18 dan sejak saat itu selalu dipercaya menghuni posisi bek kiti

Memiliki postur 170 cm, Firza Andika menjadi salah seorang bek yang kerap menyulitkan lawan. Bahkan, Firza tak jarang ikut membantu serangan dengan kecepatan lari yang dimilikinya dalam menusuk lini pertahanan.

Firza Andika juga menjadi bagian dari skuat juara Piala AFF U-22 2019. Pada SEA Games 2019, Firza Andika juga punya peran penting saat membantu Timnas Indonesia U-22 meraih medali perak.

3 dari 8 halaman

Rachmat Irianto

Latihan Timnas Indonesia U-22
Pemain Timnas Indonesia U-22, Rachmat Irianto, mengamati rekannya saat latihan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Rabu (27/11). Latihan ini persiapan jelang laga SEA Games 2019 melawan Singapura U-22. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Serupa dengan Andy Setyo, Rachmat Irianto juga dikenal sebagai bek tangguh. Bersama Timnas Indonesia U-22, pemain berusia 21 tahun itu bermain di posisi gelandang bertahan.

Namun, posisi aslinya adalah bek tengah. Bermain multifungsi tentu saja menjadi keuntungan buat pemain yang akrab disapa Rian ini.

Ini menjadi pengalaman baru buat Rian bersama tim senior. Rian diprediksi menjadi bek tangguh masa depan Timnas Indonesia.

4 dari 8 halaman

Pratama Arhan

Bek Timnas Indonesia U-19, Pratama Arhan.
Bek Timnas Indonesia U-19, Pratama Arhan. (PSSI)

Pratama Arhan bukan sosok yang asing buat Shin Tae-yong. Pada pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia, Pratama Arhan menjadi satu dari tiga pemain dengan catatan bermain terbanyak.

Pratama Arhan memiliki kelebihan yang sangat menonjol, yaitu lemparan ke dalam yang sangat jauh. Tak jarang hal itu beberapa kali mampu mengancam gawang lawan hingga berbuah gol.

Selain itu, Pratama Arhan tak lupa dalam mengawal lini pertahanan Indonesia di sektor kiri. Kelebihan yang dimilikinya membuat Shin Tae-yong wajar kembali memanggil Pratama Arhan.

5 dari 8 halaman

Bagas Adi

Latihan Timnas Indonesia
Pemain Timnas Indonesia, Bagas Adi Nugroho, bersiap menendang bola saat latihan di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Selasa (6/11). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF 2018. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bagas Adi Nugroho merupakan stoppers andalan pelatih Indra Sjafri sewaktu menukangi Timnas Indonesia U-22. Selama dua tahun di Timnas Indonesia U-22, Bagas Adi mencatatkan 20 pertandingan.

Bagas Adi merupakan bek pekerja keras yang tak ragu melakukan duel fisik demi mengamankan lini pertahanan. Posturnya yang mencapai 176 cm juga membuatnya andal dalam melakukan duel bola udara.

Tak hanya di level Timnas Indonesia, Bagas Adi juga menjadi andalan bersama klubnya, Arema. Sejauh ini, Bagas Adi juga sudah mencatat lima penampilan bersama Timnas Indonesia senior.

6 dari 8 halaman

Andy Setyo

Andy Setyo
Bek Timnas Indonesia U-22, Andy Setyo, menggiring bola saat latihan di Lapangan SPH Karawaci, Banten, Senin (7/8/2017). Latihan dilakukan sebagai persiapan jelang SEA Games 2017 Malaysia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Andy Setyo menjadi stoppers andalan di Timnas Indonesia U-22. Pelatih Luis Milla hingga Indra Sjafri kerap mempercayakan lini belakang pada Andy Setyo.

Memiliki postur tubuh 180 cm membuat Andy Setyo bisa diandalkan dalam mengantisipasi bola-bola udara. Pemain berusia 22 tahun itu juga tak segan melakukan duel fisik demi memotong pergerakan bola.

Sudah saatnya Andy Setyo mendapatkan kepercayaan tampil di Timnas Indonesia. Apalagi pelatih Shin Tae-yong sempat memanggilnya untuk mengikuti pemusatan latihan pada Februari 2020 lalu.

7 dari 8 halaman

Daftar Lengkap Bek

Timnas Indonesia U-22 Jajal Lapangan Jelang Hadapi Thailand
Pemain Timnas Indonesia U-22, Saddil Ramdani dan Firza Andika, becanda saat latihan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (25/11/2019). Latihan ini persiapan jelang laga SEA Games 2019 melawan Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

1. Andik Rendika (Madura United)

2. Andy Setyo (Persikabo)

3. Arif Satria (Persebaya Surabaya)

4. Bagas Adi (Arema FC)

5. Bagas Kaffa (Barito Putera)

6. Dodi Alexvan Djin (Madura Uniyed)

7. Firza Andika (PSM Makassar)

8. Koko Ari (Persebaya Surabaya)

9. Nurhidayat Haji Haris (Bhayangkara Solo FC)

10. Pratama Arhan (PSIS Semarang)

11. Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya)

12. Rifad Marasabessy (Persikabo)

13. Rizky Ridho (Persebaya Surabaya)

 

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓