4 Kiper yang Dipanggil Shin Tae-yong ke TC Timnas Indonesia Proyeksi SEA Games: Muda, Bertenaga, dan Idola Kaum Hawa

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 09 Feb 2021, 08:30 WIB
Diperbarui 09 Feb 2021, 08:30 WIB
Timnas Indonesia - Nadeo Argawinata dan Muhammad Riyandi
Timnas Indonesia - Nadeo Argawinata dan Muhammad Riyandi (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil 36 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan proyeksi SEA Games 2021. Dari 36 pemain yang dipanggil untuk menjalani TC di Jakarta pada 8-28 Februari 2021, empat di antaranya merupakan penjaga gawang.

Kiper-kiper yang dipanggil Shin Tae-yong merupakan nama yang sudah tidak asing di Timnas Indonesia. Ada kiper yang berusia di atas 22 tahun, dan ada juga yang berada di bawah 20 tahun.

Shin Tae-yong tentu punya alasan khusus memanggil kombinasi kiper muda dan yang melewati batas usia. SEA Games masih memberlakukan aturan maksimal dua pemain di atas 22 tahun yang masuk dalam skuad.

Posisi penjaga gawang tentu saja krusial dalam setiap pertandingan. Semakin berkualitas dan berpengalaman, seorang penjaga gawang juga bisa memberikan pengaruh dalam pertandingan.

Maka dari itu, pelatih Shin Tae-yong wajib menemukan sosok kiper yang bisa dipercaya dalam menjaga gawang Timnas Indonesia. Apalagi Timnas Merah Putih punya target berat, yakni medali emas pada SEA Games 2021.

Lantas, siapa saja kiper-kiper yang diberi kesempatan unjuk kemampuan pada pemusatan latihan Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021? Berikut ini empat kiper Timnas Indonesia yang muda, bertenaga, dan tentunya menjadi idola kaum hawa.

2 dari 6 halaman

Erlangga Setyo

Erlangga Setyo
Kiper Diklat Persib, Erlangga Setyo. (Foto Instagram Erlangga Setyo, atas izin yang bersangkutan)

Erlangga Setyo merupakan kiper yang paling muda dalam daftar pemain untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021. Erlangga Setyo baru berusia 17 tahun, namun sudah dipercaya oleh Shin Tae-yong.

Erlangga Setyo pernah mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia dan Spanyol. Hal itu menjadi bukti bakatnya sudah dipercaya oleh Shin Tae-yong.

Selain paling muda, Erlangga Setyo juga menjadi kiper yang paling tinggi. Erlangga Setyo memiliki tinggi 192 cm, namun tetap lincah dalam membaca arah bola.

3 dari 6 halaman

Muhammad Aqil Savik

Latihan Timnas Indonesia U-19
Kiper Timnas Indonesia U-19, Aqil Savik, saat latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (18/9/2018). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFC U-19. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Muhammad Aqil Savik merupakan kiper masa depan Timnas Indonesia. Aqil Savik pernah memiliki pengalaman bermain di Piala AFF U-19.

Aqil Savik dikenal sebagai kiper yang berani mengantisipasi serangan penyerang lawan. Keberanian itu tak terlepas dari faktor fisik yang dimilikinya yakni dengan tinggi 185 cm.

Aqil Savik juga pernah mendapatkan kepercayaan pelatih Shin Tae-yong untuk unjuk kemampuan pada TC di Spanyol. Hal itu menjadi modal berharga buat Aqil Savik dalam bersaing memperebutkan posisi inti.

Namun, tentu saja untuk mendapatkan posisi di skuad utama Timnas Indonesia U-22 dirinya perlu bekerja keras. Apalagi kiper yang juga dipanggil sama-sama berkualitas.

4 dari 6 halaman

Muhammad Riyandi

Timnas Indonesia
Kiper Timnas Indonesia, Muhammad Riyandi, saat sesi latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa, (18/2/2020). Untuk meningkatkan performa kiper, Shin Tae-yong menambah porsi waktu latihan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Peluang Muhammad Riyandi untuk kembali tampil di SEA Games terbuka lebar. Riyandi saat ini berusia 21 tahun dan masih layak membela Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2021.

Riyandi dikenal sebagai kiper dengan insting yang baik dalam membaca arah bola. Selain itu, Riyandi juga sudah berpengalaman tampil di level internasional.

Riyandi turut berperan saat Timnas Indonesia U-22 menjuarai Piala AFF 2019 dan medali perak SEA Games 2019. Memiliki postur 183 cm membuat Riyandi bisa diandalkan dalam menghalau serangan bola udara.

Dengan bakat dan pengalaman yang dimilikinya membuat Riyandi menjadi opsi yang menarik untuk dijadikan kiper inti Timnas Indonesia U-22. Apalagi pelatih Shin Tae-yong dikenal gemar dengan kiper tinggi dan lincah.

5 dari 6 halaman

Nadeo Argawinata

Kiper Timnas Indonesia U-22, Nadeo Argawinata. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Kiper Timnas Indonesia U-22, Nadeo Argawinata, menangkap bola saat latihan di Lapangan ABC, Jakarta, Senin (14/1). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF U-22. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Nadeo Argawinata tentu bukan sosok asing buat Timnas Indonesia. Nadeo merupakan kiper inti Timnas Indonesia U-22 pada SEA Games 2021.

Kiper yang bermain untuk Bali United ketika itu tampil gemilang menjaga gawang Timnas U-22. Ketangguhan Nadeo membuat Timnas Indonesia U-22 berhasil membawa pulang medali perak.

Nadeo dikenal sebagai kiper yang punya naluri tajam dalam menghalau serangan. Selain itu, dia juga memiliki postur tubuh tinggi yakni 183 cm yang memungkinkannya untuk memenangi duel udara dengan lawan.

Nadeo saat ini sudah berusia 23 tahun dan secara aturan tidak bisa tampil di SEA Games. Namun, bukan hal yang mustahil Shin Tae-yong akan membawanya dengan memanfaatkan slot pemain senior.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓