Shin Tae-yong Tidak Bisa Janjikan Medali Emas SEA Games 2021 untuk Timnas Indonesia

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 11 Feb 2021, 10:45 WIB
Diperbarui 11 Feb 2021, 10:45 WIB
Shin Tae-yong
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengamati anak asuhnya saat sesi latihan di Lapangan D Senayan, Jakarta, Rabu, (10/2/2021). Latihan tersebut untuk persiapan SEA Games 2021 di Vietnam. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tidak bisa menjanjikan medali emas SEA Games 2021 seperti apa yang ditargetkan oleh PSSI. Namun, pria asal Korea Selatan itu memastikan akan berusaha semaksimal mungkin.

"Tujuan utama dari kami harus hasil yang terbaik. Jujur, saya tidak bisa bilang Timnas Indonesia pasti mendulang medali emas. Namun, kami akan maksimal dan melakukan persiapan untuk itu," tutur Shin Tae-yong, Rabu (10/2/2021).

Alasan dari Shin Tae-yong bukan tanpa dasar. Nyaris setahun para pemain tidak berkompetisi. Kondisi fisik menjadi menurun drastis. Dia sadar mendulang medali emas SEA Games 2021 bukan pekerjaan yang mudah.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali meminta kepada Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, untuk mempersembahkan medali emas cabang olahraga (cabor) sepak bola putra di SEA Games 2021. PSSI menyanggupi target tersebut.

"Ini target yang diminta oleh Pak Menpora. Saya optimistis sekali, sebab skuad Timnas Indonesia serius berlatih sehinga target yang diinginkan yaitu medali emas bisa terakomodir," jelas Ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

2 dari 3 halaman

Persiapan Sejak Awal

Shin Tae-yong
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengamati anak asuhnya saat sesi latihan di Lapangan D Senayan, Jakarta, Rabu, (10/2/2021). Latihan tersebut untuk persiapan SEA Games 2021 di Vietnam. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Untuk mewujudkan target itu, Shin Tae-yong terus memantapkan persiapan. Setelah pada Desember 2020, Timnas Indonesia kembali digeber dalam pemusatan latihan pada Februari 2021.

Shin Tae-yong sedang menggenjot 35 pemain Timnas Indonesia dalam pemusatan latihan di Jakarta pada 8-28 Februari 2021.

Timnas Indonesia juga dijadwalkan akan menggelar pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) setelah Lebaran. Namun, rencana itu masih disesuaikan dengan situasi terkini wabah virus corona.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓