PT LIB Menghadap Polri Bahas Izin Turnamen Pramusim Liga 1

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 16 Feb 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 16 Feb 2021, 12:00 WIB
Logo PT Liga Indonesia Baru
Logo PT Liga Indonesia Baru. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) menghadap Polri pada Senin (15/2/2021) untuk membahas izin turnamen pramusim. Perhelatan itu nantinya akan menjadi patokan kepolisian untuk menerbitkan rekomendasi keamanan Liga 1 2021.

PT LIB diwakili oleh dua petingginya, Akhmad Hadian Lukita yang menjabat sebagai direktur utama dan Sudjarno selaku direktur operasional. Keduanya menemui Dirsosbud Baintelkam Polri, Brigjen Pol. Arif Rahman.

Pada pertemuan itu, PT LIB memaparkan persiapan menggelar turnamen pramusim. Mulai dari rencana jadwal, peserta, lokasi, hingga pembagian grup.

"Kami ke Baintelkam Polri untuk berkoordinasi banyak hal. Terutama terkait sosial budaya yang menjadi persyaratan untuk mendapatkan rekomendasi yang akan diberikan," kata Sudjarno dinukil dari laman Liga Indonesia.

"Bagaimana protokol kesehatan, simulasi pertandingan, dan bagaimana suporter patuh untuk tidak datang ke stadion. Jika pada turnamen ini semuanya bagus, maka akan bisa diterapkan untuk Liga 1 yang sebenanya," jelas Sudjarno.

2 dari 3 halaman

Proyeksi Turnamen Pramusim

Persebaya Vs Persija
Pemain Persebaya, Irfan Jaya, berebut bola dengan pemain Persija, Altaf Fater pada laga final di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (20/2). (Bola.com/Aditya Wany)

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana menggulirkan turnamen pramusim bertajuk Turnamen Prakompetisi. Kejuaraan pemanasan sebelum menyongsong Liga 1 2021 itu diproyeksikan berlangsung pada 20 Maret-25 April 2021.

Turnamen prakompetisi itu akan digelar di empat kota, Solo, Sleman, Magelang, dan Semarang serta diikuti 18 peserta Liga 1 plus dua kontestan Liga 2 musim ini, Sriwijaya FC dan PSMS Medan.

Selain empat kota itu, PSSI dan PT LIB juga menyiapkan empat lokasi Turnamen Prakompetisi alternatif yaitu Solo, Samarinda, Lampung, dan Palembang.

"Diperlukan izin Polri minimal satu bulan sebelum pertandingan pertama Turnamen Prakompetisi yang digelar mulai 20 Maret 2021. Setelah izin keluar, klub memerlukan waktu satu bulan untuk konsolidasi dengan pelatih, pemain, dan lain-lain," tulis PSSI dan PT LIB dalam materi presentasi rancangan Liga 1.

"Penting bagi operator untuk menjadikan Turnamen Prakompetisi sebagai persiapan dan menguji simulasi protokol kesehatan dalam pertandingan pada masa pandemi COVID-19. Pertandingan dilaksanakan tanpa penonton sehingga turnamen ini bisa menjadi bahan evaluasi terkait perilaku suporter yang dilarang nonton bareng dan berkerumun."

"Turnamen Prakompetisi ini juga dapat menjadi ajang pemanasan bagi setiap klub sekaligus untuk melakukan seleksi pemain baru sebelum dikontrak," demikian alasan PSSI dan PT LIB ingin menggelar Turnamen Prakompetisi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓