Sukses


Melunasi Gaji Giancarlo Rodrigues, Sanksi 3 Periode Pendaftaran Pemain PSM Bisa Dihapus

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar masih bisa keluar dari belenggu hukuman tiga periode pendaftaran pemain dari FIFA setelah dinyatakan bersalah akibat menunggak gaji pemain asingnya, Giancarlo Rodrigues. Bagaimana caranya?

Komite Disiplin FIFA menjatuhkan hukuman berupa larangan mendaftarkan pemain sebanyak tiga periode terhadap PSM Makassar karena tidak membayar hak Giancarlo Rodrigues. Putusan itu keluar pada 29 Januari 2021.

Buntut dari gajinya yang tidak dibayarkan, Giancarlo Rodrigues melaporkan PSM Makassar kepada Dispute Resolution Chamber (DRC) atau badan penyelesaian sengketa milik FIFA. Akibat dari sanksi tersebut, tim berjulukan Pasukan Ramang itu terancam tidak bisa mengikuti Liga 1 2021.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita mengatakan, PSM masih bisa lolos dari lubang jarum. Jika Pasukan Ramang mampu melunasi gaji Giancarlo Rodrigues dalam tempo 45 hari, sanksi dari FIFA kemungkinan dapat dihapus.

"Saya menyarankan PSM Makassar untuk segera menyelesaikan persoalan ini sesuai surat keputusan FIFA," kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita kepada Bola.com, Selasa (16/2/2021).

"Supaya PSM bisa mengikuti Liga 1 karena mereka satu di antara klub tradisional Indonesia yang punya sejarah panjang. Betul PSM bisa terbebas dari hukuman setelah ada konfirmasi dari FIFA," jelas pria yang karib dipanggil Lulu itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Isi Surat Implementasi PT LIB

PT LIB lewat surat bernomor 024/LIB-KOM/II/2021 perihal 'Penegasan Impelemntasi Putusan FIFA terhadap Klub PSM Makassar' menjabarkan tiga poin berdasarkan implementasi hukuman dari Komite Disiplin FIFA.

"FIFA memutuskan menghukum PSM Makassar berupa larangan melakukan pendaftaran pemain baik pada tingkat nasional maupun internasional kepada klub paling lama selama tiga periode pendaftaran atau sampai kewajiban klub dapat diselesaikan," tulis poin nomor satu.

"Bahwa berdasarkan surat PSSI sebaagaimana disebutkan di atas, PT LIB akan melakukan proses pemblokiran sistem pendaftaran kepada PSM Makassar sampai dengan kewajiban klub dapat dipenuhi," demikian poin nomor dua.

"PT LIB akan menyampaikan tembusan surat ini kepada seluruh peserta Liga 1 dan Liga 2 2021 perihal implementasi larangan melakukan pendaftaran pemain tingkat nasional maupun internasional kepada PSM Makassar paling lama selama tiga periode atau sampai kewajiban klub dapat diselesaikan," bunyi poin nomor tiga.

Video Populer

Foto Populer