Sukses


5 Pemain Belia yang Berpotensi Jadi Rising Star di Timnas Indonesia Proyeksi SEA Games 2021

Bola.com, Jakarta - Skuad Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021 terasa lebih segar. Pasalnya, pelatih Shin Tae-yong banyak memanggil wajah-wajah baru.

Shin Tae-yong sebenarnya mengajak 36 pemain untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia. Namun, setelah melalui bongkar pasang karena ketidakhadiran sejumlah nama, jumlahnya kini tereduksi menjadi 35 pemain.

Dari 35 nama itu, delapan di antaranya berstatus anggota Timnas Indonesia U-19 pada tahun lalu. Mereka dipromosikan karena kualitasnya dianggap menjanjikan.

Selain para pemain bau kencur, Shin Tae-yong juga melibatkan banyak pemain senior. Sebab, ia masih belum tahu bagaimana regulasi pembatasan usia di SEA Games 2021.

Biasanya, SEA Games memberlakukan regulasi U-22 plus dua pemain senior yang mulai berlaku sejak 2017. Namun, peraturan yang mengatur itu untuk edisi tahun ini masih belum keluar.

Bola.com mencoba merangkum lima pemain belia yang berpotensi menjadi rising star di Timnas Indonesia saat ini. Berikut prediksinya:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

1. Pratama Arhan

Shin Tae-yong sudah kadung jatuh hati dengan Pratama Arhan. Bek PSIS Semarang yang kerap menjadi andalannya di Timnas Indonesia U-19 itu mendapatkan tiket promosi dari Timnas Indonesia U-19.

Arhan punya jurus ampuh yang jarang dimiliki pemain lain. Dia bisa melakukan lemparan dalam sangat jauh yang terkadang berhasil membuat kemelut di depan gawang lawan.

Arhan juga agresif dalam menyerang dan bertahan. Tak ayal, pemain berusia 19 tahun itu diprediksi akan menjadi bek kiri masa depan Timnas Indonesia.

3 dari 6 halaman

2. Braif Fatari

Serupa seperti Arhan, Braif Fatari juga kerap dimainkan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19. Namun, posisi gelandang Persija Jakarta itu didorong lebih ke depan.

Dia ditempatkan sebagai second striker dalam formasi 4-4-1-1 Shin Tae-yong. Pemain Persija Jakarta ini punya kelebihan dalam mengontrol bola selain umpan-umpan pendek yang akurat.

4 dari 6 halaman

Irfan Jauhari

Irfan Jauhari jadi korban perubahan posisi Braif Fatari. Gara-gara itu, ia diplot sebagai gelandang sayap kiri di Timnas Indonesia U-19. Padahal posisi aslinya adalah penyerang.

Namun, perubahan posisi itu justru menjadi berkah untuk Irfan. Dia mampu tampil ciamik sebagai pemain sayap. Satu tiket promosi ke Timnas Indonesia pun berhasil digenggamnya.

5 dari 6 halaman

Bagas Kaffa

Bagas Kaffa adalah andalan Shin Tae-yong di posisi bek sayap kanan Timnas Indonesia U-19. Ketika dipercaya bermain, ia tidak menyia-nyiakan kesempatan.

Bagas Kaffa mampu bermain agresif di Timnas Indonesia U-19. Dia fasih dalam membantu serangan dan kerap mengukir assist serta gol.

Kini, Bagas Kaffa naik level ke Timnas Indonesia. Seperti Pratama Arhan, pemain berusia 19 tahun itu diprediksi menjadi bek masa depan timnas.

6 dari 6 halaman

Natanael Siringoringo

Nama Natanael Siringoringo mencuat ketika dipanggil Timnas Indonesia U-22 untuk persiapan SEA Games 2019. Kala itu, ia masih bermain untuk PSMS Medan. Namun, tidak terpilih masuk ke dalam skuad akhir untuk perhelatan multicabor tersebut.

Setahun absen dari Timnas Indonesia, Nael kembali dipanggil, kali ini ke timnas proyeksi SEA Games 2021. Pelatih Shin Tae-yong telah memercayainya sejak pemusatan latihan pada Desember 2020 dan berlanjut pada Februari 2021.

Dia baru saja direkrut oleh klub Liga Premier Malaysia, Kelantan FC. Fakta itu membuktikan bahwa kualitasnya tidak biasa-biasa saja.

Video Populer

Foto Populer