Sukses


Piala Menpora Jadi Turnamen Pramusim Liga 1 2021

Bola.com, Jakarta - Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita membenarkan bahwa Piala Menpora akan jadi tajuk turnamen pramusim. Kejuaraan tersebut bakal digelar sebagai pemanasan sebelum menggulirkan Liga 1 2021.

"Kalau melihat undangan dari PSSI, benar nama turnamennya adalah Piala Menpora," kata Lukita kepada Bola.com, Kamis (18/2/2021).

Lukita mengatakan operator yang akan menjalankan Piala Menpora nantinya adalah PSSI dan PT LIB. Meski begitu, turnamen ini masih menunggu izin dari kepolisian.

"Rencananya PSSI dan PT LIB yang akan menggulirkan turnamen pramusim ini. Soal izin, harapannya sekalian diumumkan sore ini. Kita tunggu sama-sama," jelas Lukita.

Adapun, PT LIB bersama PSSI akan menghadap Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada Kamis (18/2/2021) sore WIB untuk membahas turnamen pramusim dan Liga 1 di Kantor Kemenpora, Jakarta Pusat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Proyeksi Turnamen Pramusim

Dalam materi presentasi sebelumnya, PSSI dan PT LIB berencana menggulirkan turnamen pramusim. Kejuaraan pemanasan sebelum menyongsong Liga 1 2021 itu diproyeksikan berlangsung pada 20 Maret hingga 25 April 2021.

Turnamen pramusim itu akan digelar di empat kota, Solo, Sleman, Magelang, dan Semarang serta diikuti 18 peserta Liga 1 plus dua kontestan Liga 2 musim ini, Sriwijaya FC dan PSMS Medan.

Selain empat kota itu, PSSI dan PT LIB juga menyiapkan empat lokasi Turnamen Prakompetisi alternatif, yaitu Solo, Samarinda, Lampung, dan Palembang.

"Perlu izin Polri minimal satu bulan sebelum pertandingan pertama Turnamen Prakompetisi yang digelar mulai 20 Maret 2021. Setelah izin keluar, klub memerlukan waktu satu bulan untuk konsolidasi dengan pelatih, pemain, dan lain-lain," tulis PSSI dan PT LIB dalam materi presentasi rancangan Liga 1.

"Penting bagi operator untuk menjadikan Turnamen Prakompetisi sebagai persiapan dan menguji simulasi protokol kesehatan dalam pertandingan pada masa pandemi COVID-19. Pertandingan dilaksanakan tanpa penonton sehingga turnamen bisa menjadi bahan evaluasi terkait perilaku suporter yang dilarang nonton bareng dan berkerumun."

"Turnamen Prakompetisi ini juga dapat menjadi ajang pemanasan bagi setiap klub sekaligus untuk melakukan seleksi pemain baru sebelum dikontrak," demikian alasan PSSI dan PT LIB ingin menggelar Turnamen Prakompetisi.

Video Populer

Foto Populer