Sukses


Menpora Buka Peluang Peserta Piala Menpora Segera Divaksin

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali membuka peluang memberikan jatah vaksin bagi cabang olahraga (cabor) yang akan bertanding dalam waktu dekat, termasuk peserta turnamen pramusim Liga 1, Piala Menpora 2021.

Amali mengatakan telah meminta total 12 ribu vaksin kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk kepentingan olahraga. Pada tahap pertama, 5 ribu atlet akan divaksin.

"Kami sudah sampaikan bahwa kami berkomitmen untuk memberikan vaksinasi bagi atlet. Mereka yang ikut Piala Menpora ini akan mendapatkan vaksin," kata Amali pada acara Penyerahan Izin Penyelenggaranan Turnamen Sepak Bola Pra Musim Tahun 2020 secara virtual bareng Ketua PSSI, Mochamad Iriawan pada Jumat (19/2/2021).

"Tahap pertama, ada 5 ribu yang akan divaksin. Tahap kedua 7 ribu. Kami juga memperluas vaksinasi ke kontingen PON dan SEA Games 2021," imbuh Amali.

Selain peserta Piala Menpora, vaksinasi untuk atlet ini juga akan menyasar atlet bulutangkis dan bola basket yang akan bermain dalam waktu dekat.

"Ini untuk atlet yang akan melakukan kegiatan dalam waktu dekat seperti cabor PSSI, Perbasi, dan PBSI. Teknisnya sedang kami siapkan," jelas Amali.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Disetujui Presiden

Sebelumnya, Amali telah lebih dulu meminta izin kepada Presiden Jokowi mengenai rencana vaksin bagi atlet. Keinginannya itu mendapatkan respons positif dari presiden.

"Pak Presiden meminta Piala Menpora dipersiapkan sebaik-baiknya dengan protokol kesehatan yang ketat. Saya sudah meminta izin agar para peserta divaksin," ucap Amali.

"Alhamdulillah Pak Presiden setuju. Dalam rancangan kami, selain atlet yang akan berlaga, vaksin juga diperuntukan untuk atlet yang nantinya bermain di single event dan multi event," terang menteri asal Gorontalo itu.

Video Populer

Foto Populer