Sukses


Piala Menpora 2021: Robert Alberts Akui Sulit Mengumpulkan Pemain Persib

Bola.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, menyambut manis turnamen Piala Menpora 2021 yang rencannaya digelar 20 Maret-25 April. Namun, ia menghadapi pekerjaan besar untuk mengumpulkan pemain.

Sudah hampir satu tahun, Persib tidak merasakan atmosfer pertandingan. Pada Shopee Liga 1 2020, Persib baru melakoni tiga pertandigan, namun terhenti lantaran pandemi COVID-19, tepatnya Maret 2020.

"Kami akan mulai dengan sebuah harapan bahwa akan kembali berlatih dan merupakan hal paling penting tidak hanya bagi pemain, tapi juga bagi ofisial, klub, sponsor, dan para suporter," ujar Robert saat dihubungi awak media, Selasa (23/2/2021).

Dengan adanya turnamen itu, sepak bola Indonesia kembali hidup. Namun, pelatih asal Belanda ini menilai jadwal untuk turnamen Piala Menpora 2021 tidak ideal.

"Dari sudut pandang teknis, kami sudah selama satu tahun tidak berlatih dan bertanding secara kompetitif. Sekarang, mereka berharap kami bisa siap dalam waktu tiga pekan ke depan ketika turnamen digelar pada 22 Maret," jelas Robert.

Manajemen Persib Bandung akan mengumpulkan pemain setelah jadwal Piala Menpora dirilis.

Video

2 dari 3 halaman

Kesulitan Mengumpulkan Pemain

Robert pun mengaku akan mengalami kesulitan untuk mengumpulkan pemain Persib Bandung yang tersebar di seluruh Indonesia, terutama pemain asing seperti Nick Kuipers (Belanda), Omid Nazari (Swedia), Wander Luiz (Brasil).

"Kami juga harus memastikan para pemain tersebut dinyatakan negatif Covid-19. Jadi ada banyak hal yang perlu dilakukan sebelum memulai latihan," terang Robert.

Bahkan pelatih berusia 66 tahun ini menilai turnamen Piala Menpora RI 2021 sebaiknya digelar setelah Hari Raya Idul Fitri atau tepatnya pada pertengahan Mei atau Juni.

Menurut Robert, dengan jadwal itu, seluruh tim, termasuk Persib memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri, mencari pemain, hingga memberikan kontrak baru.

3 dari 3 halaman

Harapan

Tak hanya itu, Robert pun sudah mengajukan gagasan agar Piala Menpora 2021 digelar dengan durasi 3x30 menit agar para pemain tidak mengalami kelelahan dan terhindar dari risiko cedera.

"Kami pun telah mengajukan ide tersebut tapi tidak ada seorang pun yang mendengarkan, kami mempertanyakan kenapa turnamen itu digelar terlalu dini di bulan Maret, tapi kami tetap harus siap untuk itu," ungkap Robert.

Meski demikian, Robert akan segera mengumpulkan para pemainnya dan memaksimalkan waktu untuk melakukan persiapan menghadapi Piala Menpora 2021.

Ia pun berharap turnamen Piala Menpora berjalan lancar dan sukses sehingga Liga 1 2021 bisa digulirkan.

"Setelah turnamen, kami bisa menjalani masa pramusim selama satu setengah bulan dan memulai Liga di awal Agustus nanti. Itu pun selaras dengan jadwal rehat di sepak bola Eropa karena kami juga mengikuti kalender FIFA yang mungkin juga digelar di Indonesia," ungkap Robert mengakhiri.

Video Populer

Foto Populer