Menghitung Match Fee Maksimal yang Bisa Diraih Klub di Piala Menpora 2021: Tak Sampai Rp1 Miliar

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 26 Feb 2021, 18:30 WIB
Diperbarui 26 Feb 2021, 18:30 WIB
Piala Menpora - Zainudin Amali
Piala Menpora - Zainudin Amali (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Piala Menpora 2021 bakal digelar pada 20 Maret - 25 April 2021. Turnamen ini menjadi kegiatan sepak bola pertama yang diizinkan bergulir pada masa pandemi COVID-19.

Piala Menpora 2021 merupakan turnamen pramusim yang disiapkan jelang bergulirnya musim baru liga. Turnamen ini rencananya bakal diikuti 18 klub yang berasal dari Liga 1.

Sebanyak 18 klub akan dibagi ke empat klub. Artinya, akan ada dua grup yang berisi lima klub pada Piala Menpora 2021.

Babak penyisihan grup Piala Menpora 2021 bakal digelar dengan sistem setengah kompetisi. Artinya, masing-masing klub akan bermain tiga kali dan ada juga yang bermain empat kali.

Setelah itu, juara dan runner-up grup bakal lolos ke babak perempat final. Babak ini akan menetapkan sistem gugur. Jika pemenang tak didapat dalam 90 menit waktu normal, maka pertandingan bakal berlanjut ke babak perpanjangan waktu 2x15 menit hingga adu penalti.

Hal serupa juga akan berlaku pada babak semifinal, perebutan tempat ketiga dan keempat, serta final. Seluruh pertandingan di Piala Menpora 2021 akan menerapkan match fee sebesar Rp150 juta untuk tim yang meraih kemenangan, Rp125 juta untuk tim yang meraih hasil imbang, dan Rp100 juta untuk tim yang kalah.

Lantas, berapa uang match fee maksimal yang bisa diraih klub jika tampil mulus di Piala Menpora 2021? Berikut ini penjabaran dan rinciannya.

2 dari 3 halaman

Tak Sampai Rp1 Miliar

Penyerahan izin Piala Menpora dari Menpora Zainudin Amali kepada Ketua PSSI.
Penyerahan izin Piala Menpora dari Menpora Zainudin Amali kepada Ketua PSSI. (Tangkapan Layar YouTube Kemenpora).

Sebuah klub ternyata tak akan genap meraih Rp1 miliar dari macth fee di Piala Menpora 2021 jika mampu menyapu bersih semua pertandingan. Rinciannya adalah tiga kali menang di babak penyisihan grup membuat sebuah klub mengantongi Rp450 juta.

Kemudian meraih kemenangan di babak perempat final dan semifinal maka membawa pulang match fee sebesar Rp300 juta. Jika dijumlahkan, maka sebuah klub yang mampu menyapu bersih semua laga di Piala Menpora 2021 hanya mendapatkan uang dari match fee sebesar Rp750 juta.

Andai klub bisa meraih kemenangan di final maka bisa mendapatkan dana tambahan dari hadiah juara. Namun, sampai saat ini belum diketahui besaran hadiah yang bisa diraih klub juara di Piala Menpora.

Namun, persaingan di Piala Menpora 2021 bakal sengit. Peluang sebuah klub bisa meraih kemenangan pada semua pertandingan juga tak besar.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Highlights Pertandingan Terakhir Babak Grup Piala Menpora 2021