Shin Tae-yong Maklumi Menurunnya Kondisi Fisik Pemain Timnas Indonesia, Bakal Digenjot Terus

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 26 Feb 2021, 18:15 WIB
Diperbarui 26 Feb 2021, 18:15 WIB
Latihan Timnas Indonesia
Pemain Timnas Indonesia, Arif Satria (tengah) saat sesi latihan di Lapangan D Senayan, Jakarta, Rabu, (10/2/2021). Latihan tersebut untuk persiapan SEA Games 2021 di Vietnam. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memaklumi menurunnya kondisi fisik pemain Timnas Indonesia proyeksi SEA Games. Hal itulah yang membuat Shin Tae-yong lebih fokus pada peningkatan kondisi fisik pemain dalam pemusatan latihan kali ini.

Timnas Indonesia proyeksi SEA Games sudah menggelar pemusatan latihan selama hampir tiga pekan di Jakarta. Memasuki pekan ketiga, intensitas latihan ditingkatkan demi bisa mengembalikan kondisi fisik seperti semula.

Shin Tae-yong maklum, tak adanya liga yang bergulir dalam setahun terakhir mengakibatkan menurunnya kondisi fisik secara drastis. Pelatih asla Korea Selatan itu yakin kondisi fisik pemain bakal kembali normal dalam waktu dekat.

"Pekan ini kami memasuki periode latihan fisik dengan intensitas yang tinggi. Tidak ada liga di Indonesia selama hampir setahun membuat kemampuan dasar dan fisik pemain sangat menurun," kata Shin Tae-yong dalam akun YouTube PSSI.

"Saat ini, kami sedang menaikkan intensitas latihan sehingga banyak pemain yang mengalami cedera. Kami mengejar kondisi pemain agar fisiknya seperti ketika liga bergulir," tegas Shin Tae-yong.

Pemusatan latihan Timnas Indonesia proyeksi SEA Games ini dilakukan untuk membentuk skuad. Para pemain yang dipanggil merupakan kolaborasi pemain U-19, U-22, dan senior.

2 dari 3 halaman

2 Uji Coba

Latihan Timnas Indonesia
Pemain Timnas Indonesia, Arif Satria (kanan) saat sesi latihan di Lapangan D Senayan, Jakarta, Rabu, (10/2/2021). Latihan tersebut untuk persiapan SEA Games 2021 di Vietnam. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Timnas Indonesia proyeksi SEA Games rencananya akan melakukan dua laga uji coba dalam pemusatan latihan di Jakarta. Laga-laga itu bakal menjadi tolok ukur kemampuan para pemain.

Rencananya, Timnas Indonesia proyeksi SEA Games bakal menghadapi Tira Persikabo (3/3/2021) dan Bali United (5/3/2021). Semua laga akan berlangsung di Stadion Madya, Jakarta.

Pelatih Shin Tae-yong bakal menjadikan kedua laga itu sebagai acuan untuk melihat kemampuan para pemain. Faktor yang akan diperhatian adalah penerapan teknik dan kemampuan fisik.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓