Sukses


Bersiap Hadapi Piala Menpora 2021, PSS Sudah Mulai Renegosiasi Kontrak Pemain

Bola.com, Sleman - PSS Sleman diam-diam telah serius mempersiapkan diri menghadapi pramusim 2021. Tim berjulukan Elang Jawa itu sudah membereskan kontrak para pemain yang masuk dalam proyeksi untuk musim ini.

PSS Sleman mengawali keseriusan menghadapi musim 2021 lewat renegosiasi dengan pemain yang sudah habis kontrak. Sebagian besar pemain lokal masih dipertahankan oleh manajemen, meski ada pula yang dilepas beberapa waktu lalu.

Begitu pun dengan pemain asing. Sejauh ini hanya Yevhen Bokhasvili yang memutuskan hengkang. Sementara tiga pemain asing lain masih dalam proses negosiasi ulang, baik Aaron Evans, Guilherme Batata, dan Zah Rahan Krangar.

Asisten manajer PSS, Muhammad Eksan, mengakui manajemen klub tidak mengalami kendala berarti ketika harus melakukan negosiasi dengan para pemainnya. Meski dikejar waktu untuk masa persiapan, tidak ada masalah serius.

"Alhamdulillah saya diberikan waktu dua hari untuk negosiasi. Bisa lancar semua dan sepakat," ujar Eksan, Minggu 28/2/2021).

Eksan juga memberikan apresiasi kepada para pemain yang bisa mengerti keadaan klub. Mayoritas klub di Indonesia memang masih dilanda kesulitan karena pandemi COVID-19 yang memaksa sepak bola ikut vakum dalam satu tahun terakhir.

"Pada intinya, para pemain paham kondisi klub saat ini, karena masih dalam masa pandemi. Memang ada beberapa yang menanyakan DP (down payment) dan jadwal latihan," ujar asisten manajer PSS Sleman itu.

Video

2 dari 2 halaman

Memberi Saran

Sebagai mantan pemain PSS Sleman, Eksan ikut memberi saran kepada seluruh penggawa untuk makin melek dalam perencanaan sisi finansial. Menurutnya, karier di sepak bola tidak bisa diandalkan sepenuhnya.

Apalagi ketika pandemi seperti ini dan industri sepak bola tengah vakum, banyak atlet yang akhirnya kebingungan. Kemudian saat tak bisa produktif sebagai atlet, kehidupan mereka dan keluarga masih bisa terjamin.

"Pesan saya kepada para pemain, kalian harus bisa mengatur keuangan. Penghasilan sepak bola cukup besar, tapi tidak selamanya bisa jadi pemain," tegasnya.

"Karier sepak bola bisa diganggu cedera. Sejak muda harus bisa mengatur keuangan, dengan investasi lebih baik," jelas Eksan.

Video Populer

Foto Populer