Sukses


Duel Pelatih Timnas Indonesia Vs Tira Persikabo: Sempat Tertunda, Kini Shin Tae-yong dan Igor Kriushenko Bakal Kembali Beradu Strategi

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021 akhirnya akan melakoni laga uji coba melawan Tira Persikabo. Setelah batal bertemu di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (3/3/2021) malam WIB, duel ini akan terlaksana pada Jumat (5/3/2021) malam WIB

Pertandingan ini sejak awal akan menjadi panggung adu strategi antara dua pelatih asing, yakni Shin Tae-yong dan Igor Kriushenko. Setelah sempat tertunda pertemuan keduanya, kini masing-masing pelatih akan saling memperlihatkan kecakapan dalam menerapkan strategi untuk timnya masing-masing.

Sejak awal laga ini bermanfaat untuk mengukur hasil dan perkembangan Timnas Indonesia selama sebulan melakukan pemusatan latihan. Adapun buat Tira Persikabo, laga ini bermanfaat untuk menilai kesiapan tim jelang bertempur di Piala Menpora 2021.

Timnas Indonesia proyeksi SEA Games menjadi tim Merah Putih kedua yang dilatih Shin Tae-yong. Sebelumnya, pelatih asal Korea Selatan itu bertanggung jawab melatih Timnas U-19.

Jauh sebelum itu, nama Shin Tae-yong sudah dikenal sebagai pelatih berpengalaman karena pernah menukangi Seongnam, Timnas Korea U-23, Timnas Korea U-20, dan Timnas Korea Selatan.

Pencapaian terbaik pelatih berusia 51 tahun itu adalah mempersembahkan dua gelar untuk Seongnam dan membantu Korea Selatan tampil di Piala Dunia 2018. Shin Tae-yong dikenal sebagai pelatih yang gemar memainkan skema 4-4-2, namun terkadang juga memainkan pola 4-3-3.

Shin Tae-yong merupakan pelatih yang gemar mengandalkan sektor sayap untuk menekan lawan di Timnas Indonesia. Selain itu, pelatih berusia 50 tahun itu menyukai karakter pemain pekerja keras yang mau membantu pertahanan saat dibutuhkan.

Video

2 dari 2 halaman

Perbedaan Level

Secara kelas, Shin Tae-yong tentu saja masih berada di atas Igor Kriuschenko. Mayoritas karier Igor Kriushenko dihabiskan di Eropa.

Karier tertinggi yang pernah diukirkan Igor Kriushenko adalah saat menukangi klub elite Belarusia, BATE Borisov. Igor Kriushenko juga sempat menukangi Timnas Belarus selama dua tahun rentang 2017-2019.

Petualangan Igor Kriushenko di Indonesia dimulai saat mengambil alih Tira Persikabo ada Desember 2019. Bersama pelatih berusia 57 tahun itu, Tira Persikabo belum menunjukkan hasil maksimal.

Dalam enam laga, Tira Persikabo meraih dua kemenangan, dua kali imbang, dan dua kali kalah. Hasil inilah yang membuat Igor Kriushenko masih punya banyak pekerjaan rumah di Tira Persikabo.

Igor Kriushenko dikenal sebagai pelatih yang gemar memainkan skema 4-2-3-1. Wajar bila Igor Kriushenko bakal memainkan gelandang-gelandang berkualitas untuk mendukung pergerakan penyerang tengah mereka.

Video Populer

Foto Populer