Sukses


Shin Tae-yong Sempat Melatih Timnas Indonesia Sebelum Positif COVID-19, PSSI Berikan Penjelasan

Bola.com, Jakarta - Shin Tae-yong sempat memimpin pemusatan latihan Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021 di Jakarta sebelum positif COVID-19. PSSI mengklaim Adam Alis dan kawan-kawan dalam kondisi sehat setelah kegiatan berakhir.

Shin Tae-yong melakukan kontak langsung dengan para pemain Timnas Indonesia pada periode 8 Februari-8 Maret 2021. PSSI mengabarkan bahwa arsitek berusia 50 tahun itu terjangkit COVID-19 sejak Jumat (19/3/2021) malam WIB.

PSSI memastikan usai pemusatan latihan tuntas, para pemain, tim pelatih, dan ofisial termasuk Shin Tae-yong telah menjalani tes swab PCR dan hasilnya negatif.

"Jadi, ketika kami memulangkan para pemain ke klub masing-masing pada 8 Maret 2021, tidak ada satu pun pemain yang positif. Itu karena sebelum pulang, mereka sudah dites swab PCR," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi dinukil dari laman PSSI.

"Pada awalnya, Shin Tae-yong mengaku tidak enak badan pada Kamis, 18 Maret 2021. Kemudian atas arahan Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, ia menjalani tes swab PCR. Hasilnya baru keluar pada Jumat, 19 Maret 2021 malam WIB," tutur Yunus Nusi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Pengakuan Mengejutkan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong memberikan pengakuan mengejutkan kepada media Korea Selatan, Yonhap. Dia mengklaim empat asistennya di Timnas Indonesia sempat positif COVID-19 pada awal Maret 2021.

Shin Tae-yong menceritakan, asistennya yang bernama Kim Hae-woon dan penerjemahnya, Yoo Jae-hoon terinfeksi COVID-19 pada 5 Maret 2021. Dua hari berselang, giliran Lee Jae-hong selaku pelatih fisik Timnas Indonesia yang disebutnya mengidap virus corona.

Pada periode yang bersamaan, Shin Tae-yong beserta para asistennya itu sedang memimpin pemusatan latihan Timnas Indonesia. PSSI tidak pernah mengungkap kondisi ini, jika benar terjadi, kepada publik.

"Sambil melanjutkan pemusatan latihan dan gim internal di Jakarta, mereka secara bergantian terjangkit virus corona," tulis Yonhap dalam pemberitaannya pada Sabtu (20/3/2021).

3 dari 3 halaman

Semua Asisten Sembuh

"Dimulai dari penerjemah, Yoo Jae-hoon dan asisten Kim Hae-woon pada 5 Maret 2021. Pelatih fisik, Lee Jae-hong, dikonfirmasi positif COVID-19 pada 7 Maret 2021," lanjut narasi tersebut.

Selain ketiganya, Shin Tae-yong menerangkan bahwa asistennya satu lagi, Kim Woo-jae, juga sempat terpapar COVID-19. Namun, saat ini, keempatnya telah sembuh.

"Lalu ada Kim Woo-jae, yang telah dinyatakan negatif saat ini. Asisten pelatih lainnya pun telah pulih dari COVID-19 dan mengonfirmasi status mereka negatif COVID-19," imbuh Shin Tae-yong.

Sumber: PSSI, Yonhap

Video Populer

Foto Populer