Sukses


Prediksi Grup A Piala Menpora Arema Vs Persikabo: Duel Sengit Era Baru Sepak Bola Indonesia

Bola.com, Solo - Laga Arema FC melawan Persikabo 1973 jadi pembuka Piala Menpora 2021, Minggu (21/3/2021) di Stadion Manahan, Solo.

Dua tim yang tergabung di Grup A itu pastinya sama-sama ingin meraih kemenangan dalam laga yang disiarkan secara langsung oleh Indosiar itu. Namun mereka sadar, pertandingan perdana biasanya tidak mudah. Mereka masih mencari bentuk permainan terbaik.

Sebenarnya kedua tim ini sudah melakukan sekali laga pemanasan. Persikabo 1973 kalah 0-2 dari Timnas Indonesia U-22 di Stadion Madya, Senayan. Sedangkan Arema bermain imbang 2-2 melawan Madura United.

Namun, uji coba tersebut atmosfernya tentu bakal berbeda dengan turnamen. Kedua tim diprediksi bakal tampil lebih ngotot.

Arema punya modal kepercayaan diri yang lebih baik. Mereka mengalahkan Persikabo 1973 dua gol tanpa balas di Stadion Pakansari, Bogor pada Shopee Liga 1 2020.

Striker Arema, Kushedya Hari Yudo memborong dua gol tersebut. Waktu itu, Arema hanya main dengan satu pemain asing. Oh In-Kyun. Sisanya, pemain lokal yang mayoritas masih bertahan sampai saat ini.

General Manager Arema, Ruddy Widodo menegaskan jika mereka sangat optimistis dengan komposisi pemain lakal yang ada. Bukannya meremehkan komposisi asing yang ada.

Namun, Caio Ruan dan Bruno Smith yang dibawa ke turnamen ini kondisinya belum 100 persen. Pemain lokal Arema FC bisa tampil lebih kompak karena sudah banyak yang berada di satu tim sejak lama. Komunikasi di lapangan juga lebih baik.

“Kami percaya anak-anak lokal ini bisa main lebih kompak. Seperti di pertandingan pertama Liga 1 lawan Tira juga. Waktu itu hanya In-kyun pemain asingnya,” kata Ruddy.

Video

2 dari 4 halaman

Persikabo On Fire

Pelatih Persikabo, Igor Kriushenko akan mengandalkan para pemain lokal untuk laga perdana melawan Arema FC. Satu pemain asing, Ciro Alves baru bergabung ke tim dan dipastikan butuh adaptasi.

Namun, jika melihat komposisi pemain lokal, Persikabo memiliki deretan nama yang sudah tidak asing lagi di telinga pencinta sepak bola Indonesia, di antaranya Manahati Lestusesn, Abduh Lestaluhu, Andy Setyo Nugroho, dan Rifad Marasabessy.

 

Pelatih asal Belarusia ini memastikan persiapan berjalan lancar. Persikabo salah tim yang konsisten menggelar latihan bersama meski kompetisi tidak ada kejelasan.

"Persiapan Piala menpora berjalan dengan baik sesuai dengan plan yang sudah disusun. Kondisi pemain dalam keadaan baik. Tidak ada kendala yang berarti di tim kita. Sebelumnya kami berlatih hanya untuk menjaga kondisi, taoi sekarang intensitasnya kami naikan," kata Igor Kriushenko, Sabtu (20/3/2021).

3 dari 4 halaman

Komposisi Pemain

Dari segi komposisi lini depan, Arema hanya kehilangan striker muda M. Rafli yang cedera. Peran Rafli saat melawan Laskar Padjadjaran tahun lalu sangat besar. Dia memberikan umpan-umpan manja kepada Yudo.

Pelatih Arema, Kuncoro tidak terlalu khawatir dengan lini depannya.

“Sekarang masih ada Dedik. Dia juga striker yang tajam. Semua sepakat bisa meraih hasil yang terbaik,” kata Kuncoro.

Arema juga punya modal lain di laga ini. Mereka sudah mempelajari permainan Persikabo saat beruji coba dengan Timnas Indonesia U-22 beberapa waktu lalu..

“Kami lihat pertandingan itu. Tapi kami juga update dengan perkembangan terkini tim lawan. Karena saat lawan Timnas Indonesia mereka juga baru pertama main tahun ini. Pasti ada perbaikan yang dilakukan. Dan kami akan antisipasi,” tegasnya.

Sementara, kubu lawan memastikan akan menggunakan tenaga yang ada. Memghadapi Arema FC bukanlah perkara mudah.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada pekan pertama kompetisi Liga 1 musim 2020 lalu. Pada pertandingan yang digelar di Stadion Pakansari , Kabupaten Bogor beberapa waktu lalu itu, Laskar Padjadjaran kalah dengan skor 0-2.

Kiper Persikabo, Syahrul Trisna Fadhilah sangat antusias menyambut pertandingan demi pertandingan di babak penyisihan Grup A.

"Sangat bersemangat menyambut Piala Menpora. Kami berharap Piala Menpora bisa menjadi kembangkitan sepak bola indonesia. Satu tahun tidak bermain sepak bola, harus mulai dari nol lagi. Harus cepat agar adaptasi. Dan saya bertekad bermain maksimal nanti," tuturnya.

4 dari 4 halaman

Prediksi Susunan Pemain

  • Arema FC (4-4-2): Teguh Amiruddin (Kiper); Rizky Dwi Febrianto, M. Roby, Bagas Adi, Ahmad Alfarizi (Belakang); Dendi Santoso, Jayus Hariono, Hanif Sjahbandi, Feby Eka (Tengah); Kushedya Hari Yudi, Dedik Setiawan (Depan).
  • Pelatih: Kuncoro.
  • Persikabo 1973 (4-3-3): Syahrul Trisna (kiper); Andy Setyo, Abduh Lestaluhu, Didik Wijayance, Rifad Marasabesy (belakang), Hendra Adi Bayauw, Manahati Lestusen, Andre Oktaviansyah (tengah); Wawan Febrianto, Dimas Drajad, Ahmad Nufuandani, Dimas Drajad depan).
  • Pelatih: Igor Kriushenko

Video Populer

Foto Populer