Sukses


Kemenpora Minta PSSI Tegas soal Kasus Rasialisme yang Menimpa Patrich Wanggai di Piala Menpora

Bola.com, Jakarta - Patrich Wanggai dilecehkan secara rasial di akun Instagramnya, @wanggaipatrich. Striker PSM Makassar itu dihujat dengan kata-kata bernada hinaan.

Aksi rasialisme terhadap Patrich Wanggai itu terjadi setelah partai kedua Grup B Piala Menpora 2021 antara Persija Jakarta kontra PSM Makassar di Stadion Kanjuruhan, Malang, Senin (22/3/2021).

Patrich Wanggai, yang bermain untuk PSM, mencetak gol pertama timnya ke gawang Persija. Sebagai bentuk perayaan, striker berusia 32 tahun itu berselebrasi dengan menutup mata menggunakan tangannya.

Setelah pertandingan yang berakhir untuk kemenangan 2-0 PSM atas Persija itu, akun Instagram Patrich Wanggai diserang oleh netizen yang melakukan pelecehan rasial kepadanya.

"Sangat disayangkan sekali kejadian ini. FIFA saja memberikan perlawanan terhadap bentuk rasialisme," ujar Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot Dewa Broto kepada Bola.net, Selasa (23/3/2021).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Pelaku Melanggar Hukum

Gatot meminta PSSI untuk segera bergerak menindaklanjuti kasus ini. Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak bertindak rasial karena melanggar hukum.

"Saya kira itu masih ranah PSSI dan PSSI harus bersikap tegas," tuturnya.

"Kalau kami, mengingatkan publik untuk tidak bersikap rasial seperti itu. Selain itu melanggar aturan, juga tidak sulit untuk dipidanakan dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)," imbuh Gatot.

Sumber: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Fitri Apriani/Gia Yuda Pradana tayang Selasa, 23 Maret 2021)

Video Populer

Foto Populer