Sukses


PSIS Sikat Persikabo 1973, Raih 3 Poin Pertama di Piala Menpora

Bola.com, Solo - PSIS Semarang sukses mendulang kemenangan pertama mereka di Grup A Piala Menpora 2021. Laskar Mehasa Jenar menang Persikabo 1973 dengan skor 3-1 di Stadion Manahan, Solo, dan ditayangkan secara langsung oleh Indosiar, Kamis (25/3/2021) sore.

Persikabo mengambil inisiatif untuk melakukan serangan terlebih dahulu pada menit-menit awal. Namun, PSIS Semarang justru yang mendapatkan peluang pertama. Tembakan Hari Nur dan Fandi Eko masih membentur pemain belakang lawan dan belum berbuah gol.

Peluang emas Persikabo lahir pada menit keempat setelah Wawan Febrianto melepas tendangan bebas. Dia mengirim umpan kepada Roni Sugeng yang kemudian dikirimnya ke jantung pertahanan PSIS. Bola berhasil disundul oleh Andy Setyo, tapi masih melambung.

Selama 15 menit awal, kedua tim tampil saling menyerang dengan gaya masing-masing. Mereka sama-sama tenang membangun serangan. Duel lini tengah kedua kesebelasan juga berlangsung sengit, namun belum ada gol yang tercipta.

Bek kiri PSIS, Pratama Arhan mampu mencuri perhatian dengan lemparan ke dalam yang mampu memberi ancaman. Pamain satu ini memang dikenal dengan kemampuannya dalam throw in yang bisa menjangkau kotak penalti lawan.

Dia tercatat sudah dua kali membuat lemparan ke dalam yang berbuah skrimit di muka gawang Persikabo. Namun, belum ada gol yang lahir dan skema ini.

Para pemain PSIS akhirnya bersorak pada menit ke-21. Penyerang Farrel Arya mampu mencetak gol dan membuat PSIS unggul. Dia sukses memanfaatkan umpan yang dikirim oleh Fandi Eko Utomo dengan melepas tembakan kaki kiri. Skor 1-0 untuk PSIS.

Hanya lima menit berselang, PSIS mampu mengandakan keunggulan atas Laskar Pajajaran. Kali ini, giliran gelandang serang Fandi Eko yang mencetak gol setelah menerima umpan Farrel di menit ke-26.

Pemain asli Surabaya itu melepas tembakan mendatar dari luar kota penalti yang lagi-lagi gagal dibendung oleh kiper Syahrul Trisna. PSIS Semarang mampu mengungguli dengan skor 2-0 yang bertahan hingga turun minum.

Video

2 dari 3 halaman

Makin Tertinggal, Persikabo 1973 Tak Mampu Mengejar

Memasuki babak kedua, Persikabo berusaha tampil lebih berani lagi dalam melakukan serangan. Keputusan menarik justru dibuat oleh PSIS Semarang yang dalam laga ini ditemani asisten pelatih Imran Nahumarury, lantaran pelatih kepala Drajan Djukanovic mendapat larangan mendampingi tim karena kartu merah pada pertandingan pertama.

Imran menarik keluar dua pencetak gol timnya, Farrel dan Fandi Eko, diganti dengan Frendi Saputra dan Soni Setiawan di menit ke-50.

Meski tampil menyerang, Persikabo terlihat masih kesulitan untuk bisa mengejar kedudukan. Beberapa kali mereka mampu menciptakan peluang emas, tapi masih belum berhasil menggetarkan gawang Jandia Eka.

PSIS justru kembali menambah jumlah gol mereka pada menit ke-82 melalaui eksekusi penalti. Pemain “pelempar”, Pratama Arhan, sukses menunaikan tugasnya menendang penalti dan mengecah kiper Syahrul Trisna.

Persikabo akhirnya berhasil menyamakan kedudukan jelang bubaran, tepatnya pada menit ke-90. Pemain muda Firza Andika mencatatkan namanya di papan skor lewat sepakan bebas keras yang gagal ditepis oleh Jandia Eka.

Sampai peluit panjang dibunyikan, tak ada lagi gol yang tercipta. PSIS mengakhiri pertandingan ini dengan kemenangan 3-1.

Hasil ini membuat PSIS menduduki puncak klasemen sementara Grup A sekaligus menjadi tim terproduktif di Piala Menpora 2021 dengan enam gol. Sebelumnya, mereka menahan imbang 3-3 Barito Putera (21/3/2021).

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

  • Persikabo 1973 (4-3-3): Syahrul Trisna (kiper); Rifad Marasabessy, Andy Setyo Nugroho, Julyano Pratama, Abduh Lestaluhu (belakang); Manahati Lestusen, Izmy Hatuwe, Roni Sugeng (tengah); Ahmad Nufiandani, Dimas Drajad, Wawan Febrianto (depan)
  • Pelatih: Igor Kriushenko
  • PSIS Semarang (4–3-3): Jandia Eka Putra (kiper); Alfeandra Dewangga, Wahyu Prasetyo, Eka Febri, Pratama Arhan (belakang); Finky Pasamba, Fandi Eko Utomo, Fredyan Wahyu (tengah); Hari Nur Yulianto, Komarodin, Farrel Arya (depan)
  • Pelatih: Imran Nahumarury

Video Populer

Foto Populer