Selebrasi Gol Persib Unik, Robert Alberts: Sesuai Imbauan OC Piala Menpora 2021

Oleh Erwin Snaz pada 25 Mar 2021, 23:15 WIB
Diperbarui 26 Mar 2021, 14:59 WIB
Persib Bandung Bermain Imbang Atas Bali United di Piala Menpora 2021
Pemain Persib Bandung, Frets Listanto Butuan (21), memimpin rekannya saat merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Bali United dalam pertandingan Babak Penyisihan Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Rabu (24/3/2021). (Bola.com/Arief Bagus)

Bola.com, Sleman - Ada yang berbeda dengan selebrasi gol yang dilakukan pemain Persib Bandung, Frets Butuan, setelah menjebol gawang Bali United pada menit ke-88 pada laga pertama di Grup D Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, yang ditayangkan secara langsung oleh Indosiar, Rabu (24/3/2021).

Tidak seperti biasanya, selebrasi gol yang dilakukan Frets Butuan bersama rekan-rekanya di dalam tim hanya membentuk lingkaran di tengah lapangan kemudian berlutut sebelah kaki dan mengepalkan tangan ke atas diikuti oleh rekannya.

Menanggapi selebrasi gol yang dilakukan pasukannya, pelatih Robert Alberts mengaku bahwa selebrasi gol itu adalah milik Persib Bandung secara tim, bukan milik individu Frets Butuan.

"Itu bukan selebrasi Frets melainkan selebrasi gol tim Persib. Sebelum pertandingan kemarin, kami mendapat imbauan dari Organizing Committe untuk tidak melakukan selebrasi gol dengan saling berpelukan karena situasi COVID-19," jelas Robert, Kamis (25/3/2021) di Sleman.

Robert Alberts mengakui turnamen ini digelar sebagai ajang trial bagi PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) guna mendapat izin dari polisi agar bisa menggelar kompetisi Liga 1 2021.

"Jadi kami membahas soal regulasi ini dengan tim, untuk mengikti aturan itu dan jangan ada selebrasi dengan berpelukan satu sama lain," ujar pelatih Persib Bandung itu.

2 dari 3 halaman

Menentang Rasisme

Persib Bandung Bermain Imbang Atas Bali United di Piala Menpora 2021
Pemain Persib Bandung, Frets Listanto Butuan, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Bali United dalam pertandingan Babak Penyisihan Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Rabu (24/3/2021). (Bola.com/Arief Bagus)

Sementara itu, pelatih asal Belanda ini merasa prihatin karena masih ada perundungan di media sosial berkaitan dengan rasisme dan itu tentu hal yang buruk dan tidak perlu terjadi.

"Kami membahas ini dan mengatakan kepada semua pemain untuk merayakan gol secara terpisah-pisah, mengikuti aturan turnamen, tapi tetap dengan sukacita. Pada saat yang sama kami menunjukkan bahwa kami juga menentang rasisme," tegas Robert.

"Kombinasi dua faktor ini menjadi cara baru Persib dalam merayakan gol, masih bersama-sama, tapi kami membentuk lingkaran dengan  sang pencetak gol berlutut di satu titik dan meneriakkan 'menang bersama'," kata Robert.

Persib Bandung kembali akan bertarung dalam laga kedua Grup D Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Senin (29/3/2021). Pada laga kedua itu, Persib akan menghadapi Persita Tangerang.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓